Jangan Spelekan Cuci Tangan, Begini Pesan Bupati PALI Kalau Tidak Mau Cacingan

PALI-- Bupati PALI Heri Amalindo pesankan terhadap masyarakat agar tidak menyepelekan cuci tangan, karena menurut orang nomor satu di Bumi Serepat Serasan kalau lalai mencuci tangan bisa mengundang banyak penyakit, salahsatunya kecacingan.

Pesan itu disampaikan saat hadiri dan membuka Launching Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun 2019 Kecamatan Talang Ubi yang digagas TP.PKK Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten PALI, di SDN 3 Talang Ubi, Jumat (5/4).

"Kami selaku pemerintah kabupaten PALI mengucapkan terimakasih terhadap TP.PKK bekerjasama dengan Dinkes dalam hal ini mengajak dan mengajarkan siswa untuk menerapkan pola hidup sehat dari hal terkecil, yakni cuci tangan pakai sabun. Memang cuci tangan terlihat sangat sederhana, tetapi dibalik itu ada juga hal sepele mengintai kesehatan kita, terutama anak-anak. Yakni sudah bermain, sudah belajar atau sesudah memegang hewan kalau tidak cuci tangan bisa mengundang banyak penyakit," ujar Bupati.


Dalam menerapkan pola hidup sehat, Bupati juga mengajak masyarakat terutama orang tua atau wali murid dan guru dalam mengajarkan anak-anaknya untuk membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan atau setelah beraktivitas.

"Artinya peran orang tua dan guru sangat penting untuk menjaga anak-anaknya dalam menjaga kebersihan diri. Karena siapa tahu ada telur cacing nempel ditangan saat bermain dipasir atau ditanah, lalu tidak cuci tangan dan saat makan masuk ke perut, tentu anak tersebut bisa cacingan," terangnya.

Pada Launching Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun 2019 Kecamatan Talang Ubi, TP.PKK Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten PALI, dihadiri Bunda PAUD, Ir Hj Sri Kustina, Plt Ketua TP.PKK PALI, Rusmalina dan sejumlah kepala OPD dilingkungan Pemkab PALI.

"Kekurang pahaman masyarakat terhadap pentingnya mencuci tangan yang sering kali diabaikan menjadi perhatian TP.PKK Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Dengan bekerjasama Dinas Kesehatan (Dinkes) PALI, TP.PKK PALI mengajak siswa SD untuk terapkan pola hidup sehat dari hal terkecil yakni mencuci tangan," ungkap Lydwirawan SKM, Plt Kepala Dinas Kesehatan PALI.

CTPS dijelaskan Lydwirawan bertujuan agar masyarakat terhindar dari berbagai penyakit.

"Tujuan kegiatan ini salahsatu indiktor pola hidup bersih dan sehat bagi masyarakat. Karena salahsatu penyakit akibat lalai mencuci tangan adalah kecacingan," terang Lydwirawan.

Pemberian makanan tambahan dan buku pintar juga warnai kegiatan tersebut. Bupati juga sempat menantang siswa SD untuk menjawab pertanyaan terkait ciri-ciri orang cacingan yang langsung dilayani beberapa siswa dengan naik ke panggung dan menjawab pertanyaan Bupati. (SN/ADV)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts