Sampah Numpuk Pinggir Jakan, Inilah Permintaan Warga Air Itam

PALI--Sampah yang menumpuk dipinggir jalan Desa Air Itam Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menuai keluhan dari masyarakat sekitar. Pasalnya selain badan jalan desa tersebut menyempit, juga bau menyengat mengganggu pernapasan warga terlebih melintas disekitar tumpukan sampah.

Dikatakan Faisal, salahsatu warga sekitar bahwa kondisi tersebut sudah lama terjadi, dan volume sampah kian bertambah setiap harinya karena warga Desa Air Itam terpaksa membuang sampah dipinggir jalan akibat tidak adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Bersamaan hari jadi Kabupaten PALI ke-6, Faisal mengutarakan keinginannya agar pemerintah kabupaten PALI untuk bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan membuatkan TPA di desanya.

"Bukan hanya satu titik tumpukan sampah di desa kami, tetapi dibeberapa titik yang semuanya memang diujung desa dan dipinggiran jalan sekaligus pinggiran perairan. Meski diujung desa, tetapi tatap saja bahaya kesehatan mengintai warga sekitar. Saat ini PALI sudah 6 tahun, sudah saatnya kami memohon pemerintah desa atau pemerintah kabupaten mengatasi permasalahan ini," pinta Faisal, Selasa (23/4).

Akibat tumpukan sampah itu, diakui Faisal bahwa disamping badan jalan menyempit dan bau menyengat, sumpah juga banyak berserakan masuk ke wilayah perairan.

"Perairan kami kotor. Diperparah lagi kalau hujan turun, karena sampah akan hanyut terbawa air hujan kemana-mana dan mengotori tempat pemandian masyarakat. Tentu hal ini mengancam kesehatan warga yang biasa mandi di sungai atau diperairan," imbuhnya.

Terpisah, Edi Eka Puryadi, anggota DPRD PALI asal Desa Air Itam mengutarakan bahwa permintaan warga untuk dibuatkan TPA sudah diajukan bahkan tinggal pelaksanaan.

"Untuk TPA, seluruh desa di Kecamatan Penukal bakal dibangun di Desa Gunung Menang. Saat ini masih dalam kajian, dan mudah-mudahan tahun 2020 nanti bisa terealisasikan," jelas Eka, sapaan anggota dewan tersebut. (sn) 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts