12 Orang Dijadikan Tersangka Pasca Demo Rusuh di Bawaslu PALI


PALI - Aksi unjuk rasa di depan Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada Jumat (3/5) lalu yang berakhir ricuh serta melukai belasan petugas Kepolisian dan TNI berbuntut panjang.

Pasalnya, ada 25 orang ditangkap polisi karena dianggap menjadi penyulut rusuhnya aksi yang menuntut Bawaslu PALI merekomendasikan disejumlah TPS agar dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) karena dinilai ada pelanggaran dalam proses pemungutan suara pada Pemilu 17 April lalu.

Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono melalui Kasubag Humas Polres Muara Enim Ipda Yarmi bahwa dari 25 orang yang ditangkap dan langsung diperiksa keterangannya.

"Setelah melalui pemeriksaan, akhirnya dari 25 orang, 12 diantaranya dijadikan tersangka," ungkapnya, Minggu (5/5).

Dikatakn Kasubag Humas Polres Muara Enim bahwa aksi unjuk rasa tersebut diduga ada calon legislatif yang menggerakkan masa.

"Nanti caleg bersangkutan yang diduga menggerakkan masa bakal dipanggil. Untuk sementara memang baru 12 orang ditetapkan jadi tersangka, namun tidak menutup kemungkinan akan bertambah," tandasnya.

Saat ini, ditambahkan Ipda Yarmi bahwa 12 tersangka masih diperiksa di Polres Muara Enim sementara 13 orang lainnya masih sebagai saksi.

"Diketahui bahwa ada 10 anggota kepolisian dari Polres Muara Enim dan satu anggota TNI terluka dan dirawat di rumah sakit, saat ini seluruh korban sudah diperbolehkan pulang. Polres Muara Enim akan terus mengembangkan kasus ini sampai tuntas," tegasnya.

Terpisah, Iptu Alpian, Kapolsek Penukal Abab yang terluka saat kerusuhan terjadi memberikan kesaksiannya bahwa masa saat itu melempari petugas menggunakan batu.

"Leher saya terkena batubata sampai bengkak dan saat ini masih terasa sakit, tetapi tidak lagi dirawat di rumah sakit. Saat kejadian, kami telah berupaya menenangkan masa, tetapi masa semakin beringas, kemudian terjadi kerusuhan itu," terangnya. (sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts