Pages

Thursday, May 23, 2019

Baznas Salurkan Rp1,5 Miliar Zakat Untuk Fakir Miskin


MUARA ENIM -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Muara Enim menyalurkan zakat mal  berupa sebanyak 800 paket sembako kepada fakir miskin. 

Penyaluran zakat tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Muara Enim H Juarsah yang berlangsung di Masjid Islamic Center, kota Muara Enim, Kamis (23/5). 

"Penyaluran zakat berupa paket sembako guna meringankan beban masyrakat dibulan ramadhan hingga menjelang lebaran,"kata Kepala Baznas Muara Enim, Syachril disela kegiatan penyaluran zakat. 

Syachril mengatakan, selain itu pihak Baznas juga telah menyebar 1000 paket sembako yang disalurkan di seluruh Kecamatan bersamaan program safari ramadhan Pemkab Muara Enim

Dia menjelaskan sepanjang tahun ini Baznas Kabupaten Muara Enim telah menyalurkan zakat kepada fakir miskin senilai Rp1,5 miliar. 

"Mayoritas zakat tersebut dihimpun dari infaq dan sodaqoh para ASN, TNI dan Polri lingkup Kabupaten Muara Enim,"ungkapnya

Menurutnya penyaluran zakat dilembaganya cenderung meningkat setiap tahun seiring meningkatnya grafik penerimaan infaq dan disadaqoh di Unit Pengumpul Zakat (UPZ) milik Baznas Kabupaten Muara Enim. 

"Tahun ini sudah sebesar Rp1,5 miliar zakat yang kita salurkan dari target Rp2 miliar, dengan penghimpunan tersebut Baznas telah salurkan zakat  diberbagai program sosial seperti bedah rumah, sanitasi, beasiswa, santunan anak yatim serta 1000 paket sembako ke fakir miskin di Muara Enim,"papar Syachril.

Sementara Wakil Bupat Muara Enim H Juarsah menyatakan Baznas sebagai salah satu lembaga sah dan resmi penyaluran zakat di Kabupaten Muara Enim telah membantu meringankan beban masyarakat miskin melalui program sosialnya. Menurut Wabup, Baznas juga sangat mendukung pemerintah dalam upaya menurunkan angka kemiskinan .

"Saat ini Pemkab Muara Enim bekerja keras menurunkan angka kemiskinan dari 2 digit jadi 1 digit atau dibawah 10 persen, mudah-mudahan dengan semakin banyaknya penghimpunan dan penyaluran zakat, bisa meningkatkan kesejahteraan serta mengurangi beban masyarakat miskin,"pungkas Wabup.

0 komentar:

Post a Comment