Tim Gabungan Sidak Pasar Cek Kualitas Makanan

MUARA ENIM--Tim gabungan  melakukan insveksi mendadak kepada pedagang sembako dan makanan yang berjualan di pasar pagi Muara Enim, Kamis (9/5).

                Pada sidak itu, tim tidak saja mengecek masalah harga dan ketersediaan stok sembako, juga  mengambil sampel makanan yang dijual pedagang untuk diperiksa ke Laboratorium Dinas Kesehatan Muara Enim.

             Tujuannya apakah makanan itu mengandung bahan pengawet atau zat yang berbaha lainnya atau tidak. Sampel makanan yang diambil berupa mie kuning, tahu goreng, dan dawet atau cendol.

             Sidak tersebut dipimpin Kabag Ops Polres Muara Enim, Kompol Irwan Andeta bersama petugas dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan dan Kepala UPTD Pasar Muara Enim.

            Kabag Ops Polres Muara Enim, Kompol Irwan Andeta, kepada awak media yang ikut sidak mengatakan, secara keseluruhan stok sembako tersedia dengan cukup. Begitu juga harga  harga sembako relatif setambil. Namun ada beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan namun tidak terlalu siknifikan.

                  Seperti bawah putih, lanjutnya, pedagang menjual dengan harga Rp 60 ribu/kg karena mereka mengambil harganya Rp 50 ribu/kg. “Harga bawang putih nampaknya sudah mulai turun tidak seperti yang banyak diberitakan media,” jelasnya.

            Begitu juga daging sapi tergolong normal dengan harga Rp 130 ribu/kg dan ayam potong Rp 35 ribu/kg.  “Kita juga telah melakukan pengecekan terhadap daging sapi dan daging ayam yang dijual. Kita tidak menemukan pedagang yang menjual daging glondongan maupun daging ayam tiren,” jelasnya.

            Dia menghimbau kepada pedagang, agar tidak melakukan penimbunan sembako karena bisa dikenakan tindakan hukum pidana. Pihaknya akan terus melakukan sidak tanpa terjadwal selama bulan Ramadhan hingga menjelang lebaran Idul Fitri.

          Berikut daftar harga sembako dari hasil sidak, beras belitang Rp 11 ribu/kg, beras semendo Rp 11.500/kg, beras premium Rp 11 ribu/kg. Telur ayam Rp 24 ribu/kg, gula pasir merberek Rp 12 ribu/kg tanpa merek Rp 11 ribu/kg,  minyak goreng merek fortune Rp 12 ribu/kg tanpa merek Rp 11 ribu/kg, cabe merah keriting Rp 35 ribu/kg, cabe rawit Rp 33 ribu/kg.

              Selanjutnya, bawang merah Rp 35 ribu/kg, bawang putih Rp 60- Rp 70 ribu/kg,  daging sapi Rp 130 ribu/kg, daging ayam potong Rp 35 ribu/kg dan tepung trigu Rp 6 ribu/kg.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts