Pages

Monday, June 17, 2019

102 Desa di Muara Enim Pilkades Serentak

MUARA ENIM, SININEWS.COM --Sebanyak 102 desa di 18 kecamatan dari 22 kecamatan yang ada di Kabupaten Muara Enim akan melakukan pesta demokrasi Pemilihan Kades (Pilkades) secara serentak pada bulan September mendatang. Pelaksanaan Pilkada tersebut akan dilaksanakan oleh panitia Pilkades masing masing desa yang melakukan pemilihan.

             “ Tahapan pelaksanaan Pilkada sudah mulai dilaksanakan. Saat ini memasuki tahapan pendaftaran  Calon Kades (Cakades) mulai tanggal 13-25 Juni mendatang,” jelas Kepala Badan Pemberdayaan Masayarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Muara Enim, Emran Thabrani, Senin (17/6).

                Menurutnya proses pemdaftaran Cakades dilaksanakan oleh masing masing panitia Pilkades. Sedangkan seleksi administrasi akan dilaksanakan mulai bukan Agustus dilakukan panitia Pilkades.

                “Sesuai ketentuan, jika yang mencalonkan diri Cakades lebih dari 5 orang maka akan dilakukan seleksi tes tertulis secara online menggunakan komputer,” jelasnya.

                Karena, calon kades maksimal 5 orang. Jika ada desa peserta Cakadesnya lebih dari  5 orang maka terpaksa dilakukan tes tertulis. Tes tersebut dilaksanakan oleh panitia Pilkades. Sedangkan tempat pelaksanaan tes bisa di desa masing masing ataupun di kantor kecamatan.

             Tergantung kekuatan sinyal jaringan saat pelaksanaan tes secara online tersebut. Pada pelaksanaan tes tersebut, masing masing Cakades membawa laptop sendiri. Karena komputer maupun laptop tidak disiapkan oleh panitia Pilkades.   

             Dijelaskannya, pelaksanaan Pilkades secara serentak akan dilakukan pada 26 September. Pada pelaksanaan Pilkades serentak tersebut, akan mendapatkan pengamanan dari aparat Kepolisin, TNI masing Linmas masing masing desa. Sebelum pelaksanaan Pilkades serentak, nantinya akan dilaksanakan deklarasi Pilkades damai.

0 komentar:

Post a Comment