Gedung Sekolah Ini Bakal Dialih Fungsikan


PALI, SININews.com - Gedung yang terletak di Kelurahan Handayani Mulya itu merupakan salahsatu bangunan fisik yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten PALI dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten PALI tahun Anggaran 2016 yang seyogyanya diperuntukkan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Kecamatan Talang Ubi kabupaten PALI kini tidak lama lagi akan beralih fungsi dan bakal digunakan oleh Dinas Pertanian kabupaten PALI.


Gedung sekolah yang terdiri atas empat lokal kelas tampak sudah dikelilingi rumput ilalang yang sudah tinggi-tinggi. Bahkan, tampak beberapa bagian plafon dan jendela sudah rusak dan pecah. Terlihat di dinding bangunan ada tulisan Bangunan Ini Dibangun Dengan Dana APBD Kab. PALI Tahun 2016.

Kondisi tersebut diperparah dengan lokasi bangunan yang sangat sepi, dan jauh dari pemukiman penduduk. Tampak, hanya ada beberpa unit rumah dalam sebuah komplek perumahan di sekitar bangunan yang itupun tidak berpenghuni.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten PALI Kamriadi mengatakan bahwa bangunan tersebut dibangun pada tahun Anggaran 2016 lalu. Memang diakuinya saat ini, lokasi gedung tersebut sangat sepi dan jauh dari pemukiman masyarakat. Oleh karena itu pihaknya akan melakukan kajian lebih mendalam untuk gedung SMP N. 9 Talang Ubi.

"Makanya, saat ini kami berinisiatif bahwa bangunan tersebut akan digunakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten PALI untuk tempat semacam pembibitan benih. Hal itu sudah dibicarakan beberapa bulan yang lalu. Dan mereka (Dinas Pertanian, red) sudah siap untuk menggunakan bangunan tersebut," beber Kamriadi, kemarin (18/6) di kantornya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan untuk saat ini SMP N. 9 gabung dengan SD Negeri 14 Talang Ubi. "Mungkin akan kami kaji lagi secara teknis terkait bangunan gedung untuk SMP N. 9. Bisa jadi akan dicarikan lokasi yang dekat dengan pemukiman masyarakat," tambahnya.

Sebelumnya, Haironi, SE tokoh masyarakat kelurahan Handayani Mulya mengatakan bahwa dirinya meminta agar pihak terkait segera melengkapi sarana dan prasarana SMP N. 9 yang terletak di Kelurahan Handayani Mulya itu. "Bagaimana kami para wali murid mau menyekolahkan anak kami disana, sementara bangunan tersebut juga sudah tiga tahun ini tidak terpakai. Karena belum ada sarana dan prasarana sekolah yang lengkap. Sementara lokal SMP N. 9 sendiri masih gabung lokal dengan SDN 14," katanya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PALI Ahmad Jhoni saat dihubungi via telpon membenarkan bahwa pihaknya sudah ada kesepakatan dengan Dinas Pendidikan PALI untuk menggunakan bangunan tersebut.
"Rencananya akan kami gunakan untuk tempat Sumber Benih Kedelai dan Jagung. Karena lokasi disana cukup tepat dan efektif untuk pembenihan Kedelai dan Jagung. Apalagi, sudah ada bangunan gedung," terangnya.


Ia juga mengatakan pihaknya dalam waktu dekat akan segera menempati bangunan tersebut. "Dalam waktu dekat bakal kita tempati, kalau tidak salah ketika kami tinjau beberapa waktu lalu luas lahannya sekitar satu hektare. Untuk saat ini, kami sedang menyiapkan sarana dan prasarana sumber benihnya, karena memang prosesnya bertahap," pungkasnya.(sn)
Share:

No comments:

Post a Comment



Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts