Pages

Monday, June 17, 2019

Pendaftaran Online Siswa Baru di Keluhkan, Wako : Silahkan Daftar Sebanyak-Banyaknya

PRABUMULIH, SININEWS.COM -- Sejumlah wali murid di Kota Prabumulih keluhkan Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP. Ini terjadi lantaran para wali murid tidak bisa mengakses pendaftaran PPDB secara online disejumlah sekolah.

Padahal, proses penerimaan siswa baru perdana dibuka hari ini serentak disetiap sekolah selama tiga hari. "Ini kan baru dibuka hari ini, kok sudah ditutup dak biso dibuka," cetus salah satu wali murid. 

Hal ini membuat kekhawatiran wali murid mengingat proses pendaftaran siswa baru disekolah negeri hanya dibuka selama 3 hari. 

Tak hanya itu, wali murid juga menduga adanya permainan yang dilakukan oleh oknum sekolah dalam proses penerimaan siswa baru tersebut. 

"Sekolah seharusnya terbuka, terima pendaftaran siswa sebanyak-banyaknya," keluh walimurid. 

Adanya keluhan para wali murid tersebut, Walikota Prabumulih H Ridho Yahya mengatakan pihaknya akan mempertanyakan kepada pihak sekolah terkait hal itu. "Nanti kita tanyakan," Ujarnya, Senin (17/6). 

Ridho Yahya mengajak masyarakat untuk sama-sama mengawasi jalannya penerimaan siswa baru agar berjalan dengan bersih dan transparan. Sehingga siswa yang berhasil masuk disekolah negeri memang benar-benar siswa yang pintar dan berprestasi. 

"Kalau nanti ada pungutan, laporkan ke kami," ungkapnya. 

Lebih lanjut Ridho mengatakan pendaftaran siswa baru seharusnya tidak dibatasi dan sekolah harus menerima seluruh siswa yang mendaftar kesekolah tersebut. 

"Silahkan ikut res sebanyak-banyaknya," terangnya. 

Namun demikian, kata Ridho, selain rangking dan tes dalam penerimaan siswa baru tetap harus berdasarkan aturan yang berlaku yakni penggunaan sistem zonasi. 

"Tapikan itu zonasi penilaian tempat tinggal, juga ada. Jadi bagi yang tinggal dekat sekolah prioritas," tambahnya.

0 komentar:

Post a Comment