Program Tour To Blok, Pastikan Barang Terlarang Tak Masuk Lapas

MUARA ENIM, SININEWS.COM -- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Muara Enim terus berupaya menciptakan suasana nyaman, aman, dan tertib di dalam lapas. Salah satu caranya melalui program tour to blok, yakni memeriksa setiap kamar narapidana maupun kamar tahanan setiap pagi hari.

Kepala Lapas Kelas II B Muara Enim, Hidayat mengatakan, dengan program tour to blok setiap tim yang bertugas melakukan penggeledahan guna memastikan tidak adanya barang-barang terlarang masuk ke dalam lapas.

“Namun selain itu, program ini juga untuk memberikan motivasi, pengarahan, mendengarkan keluhan dan melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan warga binaan, hingga menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada warga binaan,” kata Hidayat, belum lama ini.

Melalui giat ini juga akan terjalin hubungan yang baik antara petugas lapas dengan para warga binaan. “Sehingga dapat menghindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan,” beber dia. Terlebih lagi, saat ini pihaknya sedang melakukan pembangunan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK-WBBM).

“Program tour to blok bisa menjadi salah satu upaya mewujudkan Zona Integritas WBK-WBBM, karena di sana petugas turut memastikan tidak ada pungutan untuk semua pelayanan yang diberikan kepada masyarakat maupun warga binaan,” sebutnya.

Kemudian, Hidayat mengajak jika ada penyimpangan yang terjadi di dalam lapas agar dilaporkan. Selanjutnya, setiap laporan yang masuk akan ditindaklanjuti oleh Tim Pengawas Internal yang telah dibentuk. “Kita pastikan setiap laporan atau keluhan, masukan dan saran dari warga binaan ditampung, dan akan kita tindaklanjuti,” tegas Hidayat.
Share:

No comments:

Post a Comment



Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts