Pages

Thursday, July 4, 2019

Balitbang PALI Tantang UKM Lahirkan Produk Khas Bumi Serepat Serasan

PALI, SININEWS.COM -- Genjot kreatifitas dalam meningkatkan pendapatan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) memberikan tantangan terhadap pelaku UKM agar membuat produk khas dan membuat merek tersendiri untuk kemudian dipatenkan. 

Hal itu diungkapkan Abu Hanifah, Kepala Balitbang Daerah Kabupaten PALI saat lalukan sosialisasi pembuatan, pelatihan, serta penggunaan dan pemasaran asap cair, Rabu (4/7) di Kantor Balitbang PALI. 

"Sebenarnya sudah ada beberapa produk khas PALI yang tidak dimiliki daerah lain. Namun sayangnya belum satupun yang dipatenkan," kata Abu Hanifah. 

Untuk itu, Abu Hanifah menyarankan agar pelaku UKM yang ada di Kabupaten PALI untuk membuat merek dagang tersendiri yang kemudian bakal difasilitasi untuk dipatenkan. 

"Seperti ikan segururung, buatlah merek dagangnya kemudian dikemas bagus-bagus, lalu dipatenkan. Dengan adanya merek dagang dan hak paten, ditambah izin kesehatan ada maka produk kita bakal bisa mudah pasarkan," tambahnya. 

Untuk membuat hak paten, Abu Hanifah bakal berkoordinasi dengan Kementerian Hukum Dan HAM. "Kita akan urus hak patennya apabila ada pelaku UKM yang ada merek dagang dan kemasan yang bagus," tandasnya.

0 komentar:

Post a Comment