Pages

Tuesday, July 23, 2019

Jelang Pengumuman Psikotes Bakal Cakades, DPMD Dijaga Ketat Satpol.PP PALI

PALI, SININEWS.COM - Jelang pengumuman hasil psikotes terhadap bakal calon kepala desa yang direncanakan bakal dikeluarkan Selasa (23/7) ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dijaga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol.PP) untuk bantu pengamanan di kantor OPD tersebut selama empat hari kedepan. 

"DPMD saat ini jadi sorotan masyarakat terkait jelang Pilkades yang semakin dekat. Terlebih Selasa ini pengumuman hasil psikotes dikeluarkan," ungkap A Gani Akhmad, Kepala DPMD PALI, Selasa (23/7).

Tugas Satpol.PP dikatakan A Gani hanya membantu pengamanan dan menjaga kantor DPMD. "Nantinya Satpol.PP menanyakan keperluan tamu dan mengarahkan tamu tersebut untuk menemui bidang yang dituju," tukasnya. 

Untuk keputusan hasil Psikotes, A Gani menegaskan bahwa DPMD hanya fasilitas penyelenggaraan bukan penentuan kelulusan, yang menentukan kelulusan adalah peserta sendiri atau yang bersangkutan.

"Karena yang bersangkutan yang mengisi dan mereka jugalah yang menjawab pertanyaan penguji," tandasnya. 

Untuk hasil Psikotes, A Gani menerangkan bahwa dari jumlah peserta 59 orang berasal dari 9 desa yang bakal ikuti Pilkades serentak, yang lolos hanya 26 orang. 

"Desa yang miliki calon lebih dari lima orang, maka harus lalui psikotes. Dan hasilnya belum tentu diambil lima orang, tergantung nilai yang ditentukan dari tim penguji yang telah kita datangkan dari Kabupaten Muara Enim," terangnya. 

Hasilnya nanti, bakal calon Kades yang ikut Psikotes menunjuk satu perwakilan dari masing-masing kecamatan. "Korwil yang akan mengambil hasil psikotes ke DPMD. Kemudian Korwil tersebut akan membangikan hasil psikotes tersebut ke masing-masing peserta di desa bersangkutan," jelasnya.(sn)

0 komentar:

Post a Comment