Pages

Saturday, July 20, 2019

Mencuat Wacana Jadikan Desa Wisata, Tokoh Masyarakat Sebut Tidak Susah Wujudkannya

PALI, SININEWS.COM - Potensi menjadi desa wisata terbuka lebar, sebab pasca dibukanya wisata Danau Biru yang dikelola secara mandiri oleh pemilik lahan membuat Desa Air Itam Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dikenal luas, bahkan setiap harinya, desa yang pernah menjadi ibu kota Marga itu selalu didatangi pengunjung dari luar desa tersebut.

Atas dasar itulah, mencuat wacana dari sejumlah tokoh masyarakat setempat agar Air Itam dijadikan desa wisata agar dari sektor pariwisata itu, perekonomian masyarakat setempat bisa terangkat.

Mewujudkan impian itu, Afrizal Muslim, salah satu tokoh masyarakat Air Itam yakin bahwa wacana tersebut bakal terwujud asalkan ada niat kuat untuk membangun desanya.

"Pencapaian keinginan berawal dari khayalan dan impian, bukan dari sebuah harapan saja. Impian pasti terwujud apabila ada kemauan kuat," ungkap Afrizal, Sabtu (20/7).

Karena untuk anggaran membangun suatu desa sudah tersedia dari berbagai sumber.

"Dana desa ada, dari APBD berbentuk Alokasi Dana Desa juga tak kalah besarnya yang diterima desa Air Itam. Jadi tinggal niat dan pengelolaannya saja. Belum lagi bantuan dari provinsi, jadi angan-angan menjadikan desa wisata di Desa Air Itam tidak susah," tambahnya.

Sama halnya diutarakan Sutrisno, melalui komentarnya di akun facebook Afrizal Muslim mengemukakan bahwa apabila tepat sasaran dalam menggunakan dana desa, APBD Des dan CSR dari perusaan yang ada disekeliling desa, tidak akan sulit menggapai angan-angan itu.

"Apalagi ada keterbukaan masalah dana yang masuk ke desa kita, cita-cita itu akan mudah tercapai. Dan kalau boleh memberikan saran, saya ingin Air Itam punya balai latihan kerja dalam segala bidang terutama UMKM. Agar pelaku usaha meski bersekala kecil namun produktif," saran Sutrisno.(sn) 

0 komentar:

Post a Comment