Pages

Wednesday, July 3, 2019

Rangsang Imajinasi Anak, Dinas Perpustakaan PALI Gelar Lomba Ini


PALI,SININews.com - Kembangkan imajinasi anak dan melestarikan cerita rakyat asli Bumi Serepat Serasan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) gelar lomba cerita rakyat tingkat SD/MI se-Kabupaten PALI, Rabu (3/7/2019) di SMA Negeri 1 Talang Ubi.

Agen Eleidi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten PALI menuturkan kegiatan tersebut merupakan program rutin setiap tahunnya.

"Kita sudah melakukan kegiatan perlombaan semacam ini setiap tahunnya, sudah hampir lima tahun sejak awal PALI berdiri," jelas Agen. 

Untuk peserta, disebutkan Agen sebanyak 120 peserta berasal dari lima Kecamatan, dimana dalam satu sekolah minimal mengirimkan 1 sampai 2  peserta.


"Antusias cukup tinggi. Dalam ikuti lomba ini peserta menggunakan berbagai kostum dan pakaian adat sebagai alat peraga," tukasnya. 

Sementara itu, Bupati PALI yang diwakili Asistem II, Husman Gumanti berpesan agar kegiatan tersebut terus terlaksana secara rutin. Karena menurut Asisten II ini, lomba seperti itu bisa memacu imajinasi anak untuk menggali cerita rakyat, minimal di daerah anak tersebut tinggal.

"Kegiatan ini bisa memotivasi anak agar terus berkembang menggali cerita rakyat. Lomba ini juga sebagai bentuk pelestarian budaya dan cerita rakyat agar jangan punah. Namun demikian, peran pendamping atau guru masih dibutuhkan agar cerita rakyat yang anak-anak gali tidak melenceng," pesan Husman Gumanti.

0 komentar:

Post a Comment