Pages

Sunday, July 21, 2019

Selang Satu Hari, Pipa Medco Bocor Lagi

PALI, SININEWS.COM - Pipa minyak milik PT Meco E&P kembali mengalami kebocoran yang diketahui warga pada Jumat (19/7) di line pipa di wilayah Desa Babat Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) setelah sehari sebelumnya, yakni pada Kamis (18/7) pipa line di wilayah Desa Spantan Jaya Kecamatan Penukal juga alami hal sama, bahkan saat itu, dua titik sekaligus yang alami kebocoran yang berimbas ceceran minyak masuk ke kolam pemandian warga. 

Penyebab kebocoran diakui Yulianto, Lead of Government Relation PT Medco E&P Indonesia diduga akibat disabotase tangan jahil orang yang tidak bertanggung jawab. 

"Betul sekali, selisih sehari dari kejadian di Spantan sudah bocor lagi. Satu bulan ini, bahkan dalam sepekan sudah dua kali kejadiannya," kata Yulianto via whatsapp, Minggu (21/7).

Disamping bergerak cepat mengatasi pipa yang bocor, Yulianto juga menyatakan bahwa pihak Medco telah melakukan secara rutin patroli dijalur-jalur pipa terutama rawan terhadap vandalisme.  

"Dengan patroli rutin maka kita bisa mengetahui dengan segera adanya kebocoran. Untuk pengungkapan kasus itu, kami sedang berupaya keras bersama aparat keamanan untuk segera mengungkap pelakunya," tandasnya.

Sementara dari press release yang dikeluarkan Manager Institusional Relations Medco E&P Sutami, yang diterima media ini bahwa para pekerja PT Medco E&P Indonesia  (Medco E&P) berhasil menangani kebocoran pipa minyak milik negara akibat vandalisme di KM 77,5  dan KM 80, Jalur Jene – Pengabuan. Para pekerja langsung menangani kebocoran ini dengan menutup (clamp) pipa dan melakukan penghisapan ceceran minyak  dengan menggunakan vaccum truck.

Para Pekerja mulai mengetahui kebocoran pipa yang dioperasikan Perusahaan tersebut pada Kamis (18/7) pagi dan langsung ke lokasi di Desa Spantan Jaya dan Desa Babat, Kabupaten PALI. Mereka langsung melakukan penanganan pipa dan ceceran minyak agar tidak meluas. Pihak Perusahaan juga telah berkoordinasi dengan aparat desa dan keamanan setempat serta pihak terkait lain atas kejadian ini. 

"Kami berterima kasih atas dukungan dari warga dan semua pihak sehingga penanganan kejadian akibat tindakan vandalisme ini dapat berjalan dengan baik. Perusahaan berharap agar semua pihak, bersama-sama menjaga fasilitas Migas yang merupakan asset negara serta menindak tegas pelaku vandalisme ini," ujar Manager Institusional Relations Medco E&P Sutami.

0 komentar:

Post a Comment