Pages

Thursday, August 15, 2019

Ada Yang Belum Miliki Data Kependudukan, Disdukcapil PALI Tetap Layani Warga Disabilitas

PALI,SININEWS.COM - Warga yang mengalami kekurangan fisik yang belum sempat terdaftar dan belum memiliki dokumen kependudukan tidak perlu khawatir, pasalnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) siap jemput bola layani pendataan dan langsung lakukan perekaman.

Dikatakan Rismaliza, Kepala Dinas Dukcapil PALI bahwa selain fokus layani masyarakat yang belum miliki dokumen kependudukan, pihaknya juga memprioritaskan warga yang mempunyai kekurangan fisik.

"Masih ada beberapa warga disabilitas yang belum terdata dan belum masuk dokumen kependudukan. Kita bekerjasama dengan Dinas Sosial untuk mengetahui lokasi warga disabilitas, lalu kita datangi dan kita data," ungkap Rismaliza, Kamis (15/8).

Seperti baru-baru ini, diakui Rismaliza bahwa Disdukcapil menemukan dua warga yang mengalami kekurangan fisik, namun sama sekali belum miliki dokumen kependudukan, baik itu KK atau KTP elektronik.

"Kendala mereka yang belum miliki KTP atau KK karena ada yang merasa malu keluarganya memiliki anggota yang cacat, ada juga yang berpindah-pindah sehingga sampai saat ini belum miliki dokumen kependudukan. Tetapi setelah kita datangi bersama Dinsos, kita beri pengertian bahwa data kependudukan sangat penting. Dan alhamdulillah, setelah kita yakinkan, pihak keluarga bersedia anggota keluarganya yang alami kekurangan fisik diizinkan untuk dilakukan perekaman," jelas Rismaliza.

Selain warga disabilitas, Disdukcapil juga memprioritaskan pelayanan terhadap Lansia.

"Lansia juga tetap kita layani dengan cara jemput bola. Sebab dokumen kependudukan sangat penting untuk mengurus administrasi ketika sakit maupun untuk mengurus keperluan lainnya," tandas Rismaliza.(sn)

0 komentar:

Post a Comment