Pages

Thursday, August 15, 2019

Diserang Wereng Coklat, 30 Persen Tanaman Padi di PALI Mati

PALI,SININEWS.COM -  Petani padi di Desa Pengabuan Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terancam tidak dapat menikmati jerih payahnya lantaran hama wereng coklat menyerang tanaman padi yang baru beberapa minggu ditanamnya.

Akibat serangan hama itu, tanaman padi petani banyak yang mati dan sebagian lagi layu menguning.

"Lebih 30 persen tanaman padi di Desa Pengabuan mati, dan baru tahun ini hama itu menyerang," ungkap Maulana, warga setempat kepada media ini, Kamis (15/8).

Diakui Maulana bahwa sudah ada pihak Dinas Pertanian dan dari Pertamina Adera meninjau langsung lokasi sawah yang terserang hama wereng.

"Pertamina baru meneliti dan mengambil sampel untuk mengetahui jenis penyakit dan obat apa untuk mengatasi hama tersebut. Sementara, untuk Dinas Pertanian PALI telah memberi racun, namun jumlahmya belum maksimal," tukasnya.

Sementara itu, Ahmad Jhoni, Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PALI membenarkan bahwa pihaknya telah memberi obat penanggulangan hama wereng.

"Kita langsung melaksanakan penyemprotan obat tersebut agar memutus rantai hama tersebut supaya jangan menyebar. Obat penanggulangan hama wereng bukan hanya kita bagikan pada petani di Desa Pengabuan saja, melainkan juga kita sebar di Kecamatan Tanah Abang supaya daerah lain terhindar hama tersebut," terang Ahmad Jhoni.(sn) 

0 komentar:

Post a Comment