Calon Incumbent 95 % Tumbang Pada Pilkades Serentak di Pali, Ini Kritisi Demokrasi Yang Beradab

PALI, SININEWS.COM - Menyikapi Pemilihan Kades 2019 yang telah berjalan kondusif dengan hasil memunculkan wajah-wajah baru yang menjadi pemenang, disikapi Tokoh Lematang Aka Cholik Darlin sebagai bentuk kritisi beradab dari masyarakat yang saat ini telah pintar.

"Ini adalah bentuk kritisi atas kinerja incumbent melalui demokrasi yang diatur UU. saya menilai bahwa masyarakat saat ini tidak puas dengan kinerja petahana," ujar ketua Fakar Lematang, Sabtu (31/8).

Masyarakat memang membutuhkan insfratruktur yang telah dibangun, namun disamping itu, warga juga membutuhkan perubahan gaya baru pemimpin Desa.
Selain itu, masyarakat ingin memunculkan gairah baru di desanya. 

"Dengan banyaknya para calon kades, masyarakat termotivasi untuk memilih dan memilah mana calon Kades yang benar-benar mampu mengelola setiap dana yang masuk baik dana desa atau bersumber dari APBD melalui Alokasi Dana Desa (ADD)," tukasnya.

Dengan terpilihnya Kepala Desa baru ini, diharapkan Mantan anggota DPRD PALI periode 2014-2018 itu bisa menjadi mitra baru BPD yang harus menunjukan peranya sebagai pengawasan dan nantinya masyarakat memilih 6 tahun kedepannya.

"Kritisi yang bermartabat ini juga sebagai bahan evaluasi para Kades yang saat ini masih menjabat untuk membenahi diri untuk menghadapi Pilkades serentak 2021 mendatang," tutup Aka Cholik.

Sebelumnya diketahui bahwa dari 36 desa yang ikuti Pilkades serentak pada Kamis (29/8) lalu menjadi sejarah baru, dimana banyak petahana yang ikut kembali berkompetisi berguguran, hanya menyisakan dua petahana yang masih bertahan dan dipercaya kembali oleh masyarakatnya, yakni Desa Sedupi kecamatan Tanah Abang dan Desa Tanding Marga Kecamatan Penukal Utara. (sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts