Pages

Wednesday, August 21, 2019

Cegah ISPA, Puskesmas Talang Ubi Bagikan 1.000 Masker

PALI,SININEWS.COM -  Antisipasi penyebaran Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat musim kemarau dan adanya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Bumi Serepat Serasan yang menyebabkan timbulnya asap membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) turun tangan membagikan ribuan masker kepada masyarakat, Rabu (21/8).

Seperti terlihat di Simpang Lima Pendopo Kecamatan Talang Ubi, beberapa petugas Puskesmas Talang Ubi menghentikan laju kendaraan warga yang melintas disekitar Simpang Lima untuk membagikan masker.

Dikatakan Wili Asti, salah satu petugas Puskesmas Talang Ubi bahwa masker  yang dibagikan kali ini ada 1.000 buah.

"Mengurangi dampak kabut asap, kita bagikan masker agar dampaknya bisa diminimaslisir. Sebab imbas dari kabut asap yang disebabkan adanya kebakaran lahan dan hutan bisa menimbulkan penyakit ISPA," kata Wili.

Terpisah, Lydwirawan, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) PALI menyebutkan bahwa pihaknya telah mengajukan 7.000 masker ke Pemprov.

"Itu untuk antisipasi merebeknya ISPA, yakni batuk, pilek dan gangguan pernapasan lainnya," ujar Lydwirawan.

Dia juga menghimbau agar masyarakat menggunakan masker setiap keluar rumah.

"Lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk itu pakailah masker ketika keluar rumah atau hendak bepergian, sebab kemarau saat ini tengah berada dipuncaknya," himbaunya. (sn)

0 komentar:

Post a Comment