Pages

Monday, August 12, 2019

Hebat, Desa Modong Bongkar Seluruh Bong Yang Ada

PALI, SININEWS.COM - Pemerintah Desa Modong Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) membongkar semua Bong atau tempat Buang Air Besar (BAB) yang biasa dibangun warga diatas permukaan air Sungai Lematang lantaran saat ini seluruh rumah penduduk desa tersebut telah memiliki jamban sehat. 

"Ya, kami selaku pemerintah Desa Modong telah meniadakan seluruh tempat BAB di Sungai Lematang atau warga setempat menyebutnya Bong. Karena melalui Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2018 lalu, kami bangun jamban diseluruh rumah warga yang belum miliki jamban," ungkap Hermawan, Kepala Desa Modong, Senin (12/8).

Langkah itu dilakukan Pemdes Modong untuk menghilangkan kebiasaan warga yang melakukan aktivitas mandi, cuci dan kakus di Sungai Lematang. 

"Seiring jaman, kebiasaan itu sudah tidak sehat lagi, terlebih saat ini kondisi air sungai Lematang kotor dan penggunaan detergen serta sudah banyak bahan kimia mencemari sungai. Nah, untuk merubah kebiasaan itu, kita lakukan langkah yang digagas ketua TP.PKK PALI menerapkan program SMS atau Stop Meseng Sembarangan," tambah Kades. 

Tak hanya membongkar Bong-bong yang biasa terlihat berjejer disepanjang tepian sungai Lematang, Kades juga mengisyaratkan bahwa sebentar lagi desanya bakal bebas sampah yang dibuang warga ke sungai Lematang. 

"Saat ini, Pemda PALI tengah membangun TPS 3 R, atau tempat pembuangan sampah melalui Dinas Perkim. Nantinya seluruh sampah dari warga bakal ditampung disana, yang diangkut menggunakan Bentor yang terlebih dahulu diterima desa ini dari dinas LH," urai Kades. (sn)

0 komentar:

Post a Comment