Kemarau Panjang, BPBD PALI Salurkan Air Bersih

PALI,SININEWS.COM - Kemarau diprediksi masih akan berlanjut hingga bulan Oktober mendatang, termasuk di wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), imbasnya sejumlah daerah di wilayah Bumi Serepat Serasan telah banyak mengalami kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih.

Untuk atasi krisis air bersih, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) secara rutin memberikan bantuan air bersih terhadap warga yang terdampak kemarau panjang itu.

"Ya, kita bantu suplai air bersih dibeberapa wilayah menggunakan mobil tangki air. Ini kita lakukan agar bisa meringankan kesulitan warga," ucap Junaidi Anuar Kepala BPBD PALI, Selasa (27/8).

Namun Junaidi menyarankan setiap permintaan air bersih harus melalui pemerintah desa setempat atau minimal melalui RT.

"Jadi apabila melalui permintaan resmi dari pemerintah setempat, kita bisa melakukan pemetaan daerah mana saja yang benar-benar kekurangan air bersih," tambahnya.

Terpisah, Herry, kepala Desa Sinar Dewa Kecamatan Talang Ubi salah satu wilayah yang mengalami krisis air bersih mengaku hingga saat ini pihaknya belum mengajukan permintaan bantuan air bersih ke Pemkab PALI.

"Kami belum meminta bantuan, karena meski jauh, ada sumber mata air yang masih menyimpan cadangan air bersih dan warga masih bersedia mengambil air pada sumber mata air itu. Namun untuk yang mampu, mereka membeli air isi ulang ketika memenuhi kebutuhan air bersih untuk keperluan memasak atau minum," ungkap Herry.

Sementara untuk keperluan mandi dan cuci, sebagian besar warga Desa Sinar Dewa memanfaatkan air dalam kolam yang tidak jauh dari pemukiman warga.

"Danau atau kolam itu memang saat ini sudah surut dan airnya berubah warna, namun apa boleh buat, warga memakai air tersebut untuk mandi dan cuci. Karena kalau harus menunggu bantuan Pemkab, salah satu alasan kami tidak akan maksimal. Hanya satu permintaan kami adalah meminta percepatan pembangunan PDAM yang saat ini tengah dilaksanakan agar warga bisa menggunakan air bersih dari PDAM itu," terang Kades. (sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts