Pages

Tuesday, August 20, 2019

Lama Terputus, Jalan Poros Gunung Menang-Tempirai Kembali Dibuka

PALI,SININEWS.COM - Warga Desa Gunung Menang Kecamatan Penukal dan warga Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) saat ini kembali bisa menggunakan akses jalan poros penghubung dua desa dan dua kecamatan tersebut setelah sebelumnya lebih dari lima tahun jalan sepanjang lebih kurang 17 kilometer itu putus dan nyaris menjadi hutan belantara.

Dari pantauan media ini dilapangan, wajah sumringah diperlihatkan warga setempat yang lama mendambakan jalan tersebut dibuka kembali, sebab jalan itu menjadi salah satu penghubung dan akses urat nadi perekonomian masyarakat dua desa bahkan dua kecamatan.

"Jalan ini sudah lebih lima tahun mati, jangankan kendaraan, manusia pun tidak lagi sanggup menerobos jalur ini. Namun ada donatur yang tergugah untuk membuka jalan ini, yakni Kepala Desa Tempirai Barat, dimana beberapa hari lalu membuka mengerjakan jalan ini dengan menurunkan alat berat sehingga jalan ini kembali bisa dilalui," ujar Akmal, warga setempat kepada media ini, Selasa (20/8).

Akmal berharap agar Pemkab PALI meneruskan pembangunan jalan tersebut dengan mengecor jalan itu.

"Karena jalan ini bisa menghubungkan warga Penukal, Penukal Utara dan langsung ke Pendopo Talang Ubi. Jadi sudah selayaknya jalan ini di cor beton agar akses kami lebih mudah dan perekonomian pun bisa meningkat," harapnya.

Sama diutarakan Edi Suarno, warga lainnya bahwa memang benar jalan itu putus sejak lama.

"Seingat kami, sejak jalan ini dibuka salah satu perusahaan Migas sampai PALI mekar dan baru kali ini bisa digunakan lagi, jadi lebih dari 10 tahun. Ya, kami berharap pak Heri Amalindo bisa mendengar aspirasi kami serta merealisasikan keinginan kami, karena kami tahu pak Bupati cepat merespon keluhan warganya," kata Edi.

Terpisah, Dedi Handayani, Kepala Desa Persiapan Tempirai Barat mengaku bahwa meski jalan itu bukan tanggung jawab dirinya, namun tergerak dengan banyaknya permintaan warga, dirinya turun tangan membantu membuka akses jalan itu.

"Alhamdulillah kami ada rezeki lebih, dan bukan kebetulan kami membangun jalan ini, sebab Tempirai dan Gunung Menang ada keterkaitan emosional dan garis keturunan dua desa itu masih satu rumpun. Dan juga sebagai bentuk ikut andil dalam mendukung program pak Bupati yang ingin PALI cepat maju, sehingga mendorong kami membantu buka jalan ini. Namun hanya sebatas itu kemampuan kami, untuk peningkatan jalan, kami serahkan ke Pemkab PALI. Terkait dukungan, seluruh warga Tempirai dan Gunung Menang menyatakan siap dukung pembangunan dan program pemerintah," beber Dedi Handayani. (sn)

0 komentar:

Post a Comment