PDAM Sudah Diterima PALI Tapi Air Masih Harus Beli, Sekda: Tidak Apa-apa Asal..

PALI,SININEWS.COM - Secara resmi, asset PDAM Lematang Enim telah diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dimana selanjutnya pengelolannya dilakukan PDAM Tirta PALI Anugerah. Penyerahan asset itu dilakukan di Muara Enim pada Selasa (27/8) kemarin.

Namun pada penyerahan asset itu, rupanya tidak keseluruhan diserahkan kepada pemerintah Kabupaten PALI, tetapi hanya pipanisasi dan sejumlah peralatan yang ada di wilayah Bumi Serepat Serasan saja. Sementara untuk air, Pemkab PALI masih tetap harus membeli di PDAM Lematang Enim.

"Memang benar, kita masih harus membeli air curah di PDAM Lematang Enim, karena intake atau mesin pembangkit PDAM Lematang Enim berada di di Desa Teluk Lubuk, Muara Enim, yang selama ini menyalurkan air ke PALI,  tidak diserahkan," ungkap Sekda, Rabu (28/8).

Kendati demikian, Sekda akui bahwa PALI siap membeli air curah dari PDAM Lematang Enim dengan syarat harga lebih murah dan kualitas air harus lebih jernih.

"Tidak apa-apa harus beli, asalkan harga murah dan kualitasnya perbaiki. Kalau masih mahal bahkan harganya masih sama sebelum aset diserahkan, untuk apa lagi aset PDAM Lematang Enim dikasihkan ke kita," tukas Sekda.

Sekda juga menyarankan kepada pengelola PDAM dalam hal ini PT Tirta PALI Anugerah agar menurunkan tarif PDAM.

"Yang lebih utama adalah peningkatan pelayanan, jangan sering tersendat mengakibatkan banyak menuai keluhan," sarannya.

Terkait piutang pelanggan PDAM yang mencapai hampir Rp 7 M,  Sekda menyebut bahwa piutang itu telah diserahkan juga. "Apakah nanti piutang itu akan ditagih ke pelanggan atau dilakukan pemutihan, hal itu wewenang kepala daerah. Untuk menghindari tunggakan kembali terjadi, maka pokok utama adalah pada pelayanannya, kalau pelayanan baik maka pelanggan akan malu untuk menunggak," tandas Sekda.

Terpisah, Sigit Kristiawan, direktur utama PDAM Tirta PALI Anugerah mengatakan bahwa serah terima asset PDAM Lematang Enim yang berada di wilayah kabupaten PALI bukanlah tujuan akhir, melainkan awal dari perjuangan PDAM Tirta PALI Anugerah dalam melayani kebutuhan primer masyarakat se-kabupaten PALI.

"Untuk itu kami memerlukan kerjasama dengan berbagai pihak bersinergi melayani masyarakat," kata dia.

Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya akan tetap melakukan kerjasama dengan PDAM Lematang Enim untuk meningkatkan pasokan Instalasi Kota Kecamatan (IKK) di Teluk Lubuk, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim.

"Solusi jangka pendek melakukan kerjasama dengan PDAM Lematang Enim meningkatkan pasokan IKK Teluk Lubuk. Jangka panjang membimbing dan mengawasi pembangunan IKK Muara Sungai oleh Dinas Perkim target operasi Mei 2020 untuk suplai Pendopo dan sekitarnya," tambahnya.(sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts