Pages

Wednesday, September 25, 2019

2,5 Persen Gaji Anggota TNI Biayai Pembangunan Rumah Angkasa


MUARA ENIM, SININEWS.COM - Dari 2,5 persen gaji yang disisihkan oleh anggota TNI Yonif 141 AYJP yang dikelola oleh Baznas Muara Enim akhirnya bisa digunakan untuk membangun rumah salah satu kaum dhuafa yakni bapak Angkasa, warga Kelurahan Pasar I, Kecamatan Muara Enim, yang selama ini tinggal di gubuk yang menumpang di tanah warga.

Dikatakan Kepala Baznas Muara Enim, Syachril, bapak Angkasa dinilai layak menerima bantuan berupa bedah rumah bagi kaum dhuafa di wilayah Muara Enim karena unsur unsurnya memenuhi dan juga diusulkan oleh pihak dari kelurahan.

“Beliau ini tinggal sebatang kara setelah ditinggal wafat oleh almarhumah ibunya beberapa waktu yang lalu. Selain itu, mereka tinggal digubuk yang berada di salah satu tanah warga yang saat ini sudah dijual oleh pemiliknya. Jadi kami berikan bantuan ini kepadanya,” terang Syachril, yang diwawancarai usai pelaksanaan peletakan batu pertama bedah rumah, Rabu (25/9).

Dijelaskannya juga, dana yang digunakan merupakan zakat dari anggota Yonif 141 yang dipercakan kepada Baznas untuk mengelolanya. “Salah satunya kami salurkan untuk bedah rumah yang kita laksanakn hari ini,” tambahnya.

Pelaksanaan bedah rumah sudah dilaksanakan oleh Baznas sejak tahun 2017 dengan jumlah rumah yang sudah mendapatkan bantuan sebanyak 27 unit rumah. “Untuk tahun 2019, ini merupakan rumah yang ke 7 yang kita renofasi dan bangun,” terangnya.

Untuk dana yang dihabiskan guna pembangunan rumah ini adalah sebesar Rp 25 juta. Sedangkan lokasi pembangunan rumah merupakan tanah hibah yang diberikan oleh Bapak Muhadi seluas 4x6 meter kepada bapak Angkasa.

Sementaa itu, Mayor Infantri Ridwan Efendi dari Yonif 141 mengatakan berterima kasih kepada Baznas telah mengelola dan menyalurkan zakat dari anggotanya tepat sasaran sehingga apa yang mereka lakukan tidak akan sia sia.

“Karena kita tidak memiliki tim khusus untuk mencari dan mendaa siapa yang layak mendapatakan, maka kami menyerahkan semuanya kepada Baznas untuk mengelola zakat yang telah kami himpun tiap bulannya. Kami berharap apa yang kami lakukan ini bisa benar benar berguna dan bermanfaat,” tukasnya.

Selain melaksanakan peletakan batu pertama, pada kesempatan itu juga, anggota Yonif 141 bahu membahu melakukan pembongkaran terhadap rumah lama milik Bapak Angkasa yamg berad tidak jauh dari lokasi rumah barunya.

Selain itu, ini juga merupakan program Muara Enim Sejahtera yang mana bertujuan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dengan melaksnakan bedah rumah dan juga bantuan perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara, Bapak Angkasa sang penerima bantuan merasakan rasa senang yang luar biasa. Pria yang sehari harinya sebagai penjaga kebun ini berterima kasih atas apa yang sudah diberikan kepada dirinya yang sebatang kara ini.

“Terima kasih atas bantuan yang diberikan. Sejak ditinggal ibu dan istri meninggal dunia, saya tinggal sebatang kara dengan mengambil upahan menunggu kebun dan diperbolehlan tinggal di pondok yang ada di kebun,” tukasnya.

0 komentar:

Post a Comment