PNS Pemkab Muaraenim Harus Paham Sistem Informasi Geografis


MUARA ENIM, SININEWS.COM - Untuk Peningkatan Kemampuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Kabupaten Muaraenim dibidang Sistem Informasi Geografis (SIG), Dinas PUPR Muaraenim menggelar kegiatan Pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG) Kabupaten Muaraenim Tahun 2019, bekerjasama dengan Universitas Indo Global Mandiri (IGM) Palembang, di Hotel Sintesa Muaraenim, Rabu (25/9).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Staf Ahli Ir H Febriansyah, dan dihadiri oleh pejabat Muspida dan Muspika Muaraenim dan para peserta dari perwakilan OPD terkait dan Pemerintah Kecamatan dalam Kabupaten Muaraenim. Untuk Narasumber dari Universitas Indo Global Mandiri (IGM) Palembang yakni Kepala Prodi PWK Fakultas Teknik Hendry Natanael Gumano ST. M.PWK, Kepala Prodi Survey dan Pemetaan Fakultas Teknik Firgus Ari Sondang, St, M.Eng dan Dosen Tetap Prodi Survey dan Pemetaan Fakultas Teknik Alpeus Manihuruk, S.Si, M.Sc.

"PNS terutama yang terkait SIG harus bisa dan paham," ujar Febriansyah.
Menurut Febri panggilan akrabnya, tujuan dari kegiatan pelatihan SIG adalah memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan kemampuan terhadap konsep dan proses pengolahan data spasial. Mampu menyampaikan infomasi geograiis yang berkualitas yang diharapkan dapat membantu dalam perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan. Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terhadap rencana tata ruang guna mewujudkan penyelenggaraan penataan ruang yang lebih baik. 

Dikatakan Febri, Sistem Informasi Geografis (SIG) atau biasa disebut Geographic Information System (GIS) merupakan ilmu yang mempelajari tentang pemrosesan data spasial atau permukaan bumi dengan mengintegrasikan berbagai hardware dan software sehingga menghasilkan analisis keruangan yang komprehensif yang selalu berkembang seiringan dengan semakin majunya teknologi. Hal tersebut akan menjadi potensi dan tantangan tersendiri untuk perkembangan Sistem informasi geografis di masyarakat. Pelatihan SIG salah satunya yang dilaksanakan oleh Dinas Pekeljaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Muaraenim bekerjasama dengan Universitas Indo Global Mandiri (IGM) Palembang dikhususkan untuk Peningkatan Kemampuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Kabupaten Muaraenim dibidang Sistem Informasi Geografis (SIG).

Dalam kegiatan pelatihan GIS ini, lanjut Febri, peserta diperkenalkan dan dilatih menggunakan perangkat lunak Sistem Infonnasi Geografis ArcGis dari ESRI untuk keperluan pengolahan data geospasial. Cakupan topik pelatihan ini meliputi Konsep dasar Sistem Informasi Geografis (SIG), Pengenalan perangkat lunak GIS, Data spasial dan struktur data, Proyeksi dan sistem koordinat, Pembuatan data spasial dengan proses digitasi, Pembuatan data atribut,  Global Positioning System (GPS), Pengolahan data spasial, Pembuatan layout peta Perizinan. 

Ditambahkan Ketua Panitia Sobirin, Peta perinzinan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah merupakan salah satu produk hukum dalam penyelenggaraan penataan ruang yaitu untuk mewujudkan keselarasan dalam suatu ruang sehingga tercipta ketertiban, keamanan, keselamatan, kenyamanan, sekaligus kepastian hukum. Hal ini juga yang mendasari diselenggarakannya pelatihan Sistem Informasi Geografis regulasi perizinan yang di amanatkan sampai ke tingkat kecamatan mengharuskan adanya SDM yang memiliki kemampuan teknis sehingga mampu memberikan pelayanan yang handal kepada masyarakat. Kemampuan teknis dalam mengoperasikan Sistem Informasi Geografis adalah salah satu kemampuan sehingga tercapai tujuan yang diharapkan dari pelaksanaan pelatihan ini.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts