Pages

Wednesday, September 25, 2019

Pentingnya Peran Kesetaraan Gender Dalam Pembangunan



MUARA ENIM, SININEWS.COM - Berbagai upaya telah dilakukan untuk mewujudkan pembangunan yang berkeadilan dan berkesetaraan gender yang dilakukan sejak lama. Baik itu oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan organisasi masyarakat.

Salah satu yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim adalah dengan melaksanakan Paparan akhir penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Pengarustamaan Gender (PUG) di Hotel Griya Serasan, Rabu (25/9). 

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah yang dalam hal ini diwakilkan oleh Assisten II Alparizal dalam sambutanya mengatakan, ini salah satu upaya mempercepat pencapaian tujuan pembangunan adalah mensejahterakan masyarakat baik laki laki maupun perempuan.

“Maka sejak tahun 2000 telah diterbitkan Inpres nomor 9 tahun 2000 tentang pelaksanaan pengarusutamaan gender dalam pembangunan nasional. Dan sejak saat itu upaya untuk mengintegrasikan aspirasi dan kebutuhan laki laki dan perempuan dalam proses perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi terus dilakukan,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya lagi, berbagai upaya telah dan sedang dilalukan pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam membangun kesadaran gender dikalangan aparat pemerintah dan swasta yang salah satunya dengan kegiatan yang dilakukan hari ini. 

“Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini dapat membuka wawasan kita semua untuk lebih memahami arti dan pentingnya kesetaraan gender, sehingga percepatan kesetaraan dan keadilan gender di Muara Enim dapat tercapai,” terangnya.

Dengan demikian, lanjutnya lagi, diharapkan kedepan kualitas dan peran perempuan dalam pembangunan semakin meningkat untuk terwujudnya Kabuoaten Muara Enim yang merakyat, berdaya saing, mandiri, agamis dan Sejahteta.

Sementara itu, Kepala Dinas PPPA Kabupaten Muara Enim, Herman mengatakan, peserta merupakan OPD yang menangani masalah perencanaan. Kegiatan ini sudah diawali pada bulan lalu. “saat ini kita fokuskan dengan perencanaan. Dan diharapkan tidak hanya di tingkat Kabupaten namun samapi ke tingkat desa dan kelurahan,” ujarnya.

Pada kegiatan ini, nara sumber yang dihadirkan adalah dari yayasan lembaga pengkajian dan pengembangan sumber daya pembangunan Semarang. Sementara peserta sendiri adalah seluruh perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Muara Enim.

0 komentar:

Post a Comment