Disnakertrans Kenalkan Bursa Tenaga Kerja, Bupati PALI Pesankan Ini

PALI,SININEWS.COM -  Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Heri Amalindo melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Husman Gumanti menyampaikan pesan terhadap pelajar SMK dan SMA yang menghadapi kelulusan untuk membekali diri dengan skill yang terampil agar ketika keluar dari sekolah menjadi generasi siap kerja.

"Kita persiapkan diri sedini mungkin untuk membantu lembaga lembaga atau perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja supaya perusahaan yang ada di kita menggunakan pekerja di daerah sekitar," ujar Husman Gumanti, Senin (2/9) saat menyampaikan pesannya pada kegiatan program peningkatan kesempatan kerja melalui kegiatan penyebarluasan informasi bursa tenaga kerja siswa SMK dan SMA dalam memasuki dunia kerja yang digelar Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten PALI di SMKN 1 Penukal.

Mempunyai skil yang terampil, ditambahkan Husman Gunanti memberikan kuncinya, yakni dengan  belajar, belajar dan belajar.

"Selain itu kita juga perlu menguasai Ilmu Informasi dan Teknologi. Sebab saat ini mencari kerja tidak lagi menenteng map yang berisi lamaran dengan mendatangi perusahaan-perusahaan, karena informasi atau bursa tenaga kerja ada digenggaman, bisa diakses melalui internet," tambahnya.

Asisten 2 juga mengimbau agar pelajar untuk menggapai cita-cita untuk jauhi tindakan atau perbuatan yang melanggar hukum seperti kenakalan remaja dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

"Percuma cita-cita tinggi kalau kita jadi budak narkoba, lebih baik tingkatkan prestasi, berinovasi agar kita bisa mengharumkan keluarga, sekolah dan daerah kita," ajaknya.

Untuk menorehkan prestasi dan berinovasi,  Asisten 2 menyarankan agar pelajar SMK dan SMA terus menimba ilmu.

"Kami mengajak seluruh pelajar yang lulus SMK dan SMA untuk meneruskan kembali jenjang pendidikannya ke perguruan tinggi. Jangan pernah berpikiran cukup lulus SMA, namun teruskanlah ke jenjang yang lebih tinggi," tandasnya.

Sementara itu, Usmandani, Kepala Disnakertrans PALI menjelaskan kegiatan tersebut, diantaranya bertujuan memberikan jalan terhadap pelajar jelang kelulusannya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Ada 4 sekolah yang kita datangi dan berikan pengetahuan melalui program peningkatan kesempatan kerja melalui bursa tenaga kerja. Diharapkan dengan program ini, pelajar bisa mempersiapkan diri dengan membekali keterampilan atau skillnya," ujar Usmadani.

Terpisah, Ahmad Jon Areli Kepala SMKN 1 Penukal akui bahwa sekolahnya telah miliki BKK atau Bursa Khusus Kerja dimana BKK tersebut merupakan salah satu program pusat kapitalisasi SMK, dan di PALI baru di SMKN 1 yang ada BKK.

"Dalam BKK itu ada memberikan informasi dunia industri se-indonesia bahkan luar negeri, mendata ketersaluran output SMK yang menjadi tolak ukur sokolah itu berhasil atau tidaknya dan jalin kemitraan degan Disnaker dan Perusahaan juga membekali keterampilan pada pelajar. Dan dengan adanya program Disnakertrans selaras dan saling menunjang dengan BKK," urainya. (sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts