Pages

Wednesday, September 25, 2019

Ember Pengolah Sampah Dipamerkan di TMKK

PALI,SININEWS.COM - Pelaku Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Peduli Sampah Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menemukan teknologi baru yakni berupa ember praktis pengolahan sampah yang langsung menghasilkan kompos.

Temuan baru tersebut dipamerkan pada kegiatan Bhakti sosial TNI Menunggal KB Kesehatan (TMKK) PKK dan IBI, Rabu (25/9) di Desa Raja Kecamatan Tanah Abang.

Bukan hanya ember pengolahan sampah, tetapi juga UPPKS yang dikomandoi Sumarni, menghasilkan juga ember penyaring tinja.

"Ember berkapasitas 10 liter, dimodifikasi sehingga sampah bisa didaur ulang menjadi kompos kering dan kompos cair. Begitupun ember penyaring tinja, yang mampu menghasilkan kompos cair untuk dijadikan pupuk," ungkap Sumarni didampingi sang suami Hanardono.

Dengan temuan itu, Sunarni mengaku bahwa bisa meningkatkan pendapatan anggotanya yang tergabung pada UPPKS peduli sampah.

"Sudah banyak pesanan, baik dari dalam PALI sendiri atau luar daerah. Karena selain kita jual secara umum, juga melalui media sosial dan kita sudah ada kerja sama dengan salah satu aplikasi penjualan online," tukas Sumarni.

Sementara itu, Yenni Nopriani, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten PALI mengemukakan bahwa saat menggelar Bhakti sosial TMKK, bukan hanya memamerkan produk UPPKS, namun juga menggelar pelayanan KB, kesehatan dan pelayanan administrasi kependudukan.

"Kegiatan ini adalah program tahunan antara TNI dan DPPKBPPPA dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan, KB dan Adminduk bertujuan terlaksananya percepatan program KB dan dalam rangka upaya mewujudkan penduduk tumbuh seimbang, cerdas dan berkualitas," terang Yenni.

Kegiatan itu, dibuka langsung Bupati diwakili staf ahli, Kusmayadi, Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan Drs Waspi, Dandim 0404 MPP, sejumlah Kepala OPD dan FKPD dilingkungan Pemkab PALI.(sn) 

0 komentar:

Post a Comment