Antisipasi Ispa, Dewan Minta Pemkot Bagi-Bagi Masker

PRABUMULIH, SININEWS.COM - Kabut asal tebat sejak dua hari terakhir mulai kepung wilayah Kota Prabumulih. Bahkan, jarak pandang saat ini berkisar antara 50 sampai 100 meter saja.  

Kondisi ini mulai dikeluhkan oleh sejumlah warga khususnya para pengendara. Warga mengaku mengalami sesak nafas serta perih pada kedua mata saat beraktifitas diluar rumah.

"Sesak nafas, tenggorokan gatal-gatal. Mata juga perih kalau lagi berkendara. Harapan kita Pemerintah cepat ambil tindakan," ujar Edwin salah satu pengendara.

Sementara, Alfa Sujatmiko, Anggota DPRD Kota Prabumulih saat dimintai tanggapan perihal tersebut mengatakan saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan Pemerintah Kabupaten/Kota telah melakukan kerjasama untuk mengatasi asap ei Sumsel. 

"Harapan kami, seluruh elemen masyarakat di Sumsel harus membantu Pemerintah dalam mengatasi asap," ungkapnya, Selasa (15/10). 

Masyarakat juga diimbau tidak membuka lahan dengan cara pembakar serta tidak membuang putung rokok sembarang saat berkendara mengingat hal itu dapat memicu terjadinya kebakaran lahan.  

"Kalau bisa ditahan dulu merokok diluar. Atau matikan puntung rokoknya sebelum dibuang," terangnya. 

Alfa menuturkan kondisi asap di Kota Prabumulih belum separah yang terjadi di Kota Palembang. Namun demikian, Untuk mengantisipasi adanya korban yang terserang Ispa akibat paparan kabut asap, Ia meminta Pemerintah segera membagikan masker untuk masyarakat. 

"Kita harus berjaga-jaga sebelum terjadi. Sedia payung sebelum hujan. Apalagi anak sekolah, kan kasihan," tuturnya. 

Alfa menambahkan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Prabumulih, dalam waktu dekat juga akan bagi-bagi masker untuk masyarakat. "Insya Allah dalam waktu dekat. Kita akan koordinasi dulu dengan ketua, pak Dipe Anom," tambahnya.(SN)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts