Diduga Sungai Lematang Tercemar Limbah, Warga Keluhkan Bau dan Gatal



PALI, SININEWS.COM -- Air sungai Lematang yang menjadi tumpuan masyarakat Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) untuk keperluan mandi dan cuci saat ini dikeluhkan warga lantaran kondisinya kotor dan berbau. Warga sekitar bantaran Sungai Lematang pun menuduh ada perusahaan yang membuang limbah ke sungai tersebut. 

"Iya pak kalau siang sampai sore air keruh dan bau menyengat. Kondisi ini sudah kami alami sejak dua bulan terakhir. Ada dugaan limbah salah satu  perusahaan sengaja di buang ke sungai," keluh Aminah, warga Desa Tanah Abang Selatan, Senin (28/10).

Akibat kondisi itu, warga mengeluh gatal-gatal. "Sesudah mandi, badan terasa gatal. Tapi apa boleh buat pak, kami tidak ada pilihan, karena air dari PDAM tidak bisa diandalkan," tukasnya. 

Sementara itu, Irwanto, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten PALI mendesak Dinas Lingkungan Hidup (LH) PALI untuk segera turun kelapangan, mengambil sample air dan mengusut perusahaan mana yang membuang limbah ke sungai Lematang. 

"Disekitar Sungai Lematang hanya ada dua perusahaan, yakni PT TEL dan PT Gou Huo Energy Musi Makmur Indonesia (GHEMMI). Ambil sample dan usut tuntas perusahaan mana yang telah mencemari sungai Lematang. Kalau terbukti, beri sanksi dan tuntut perusahaan itu untuk memberikan kompensasi terhadap warga yang terimbas limbah itu," tandas anggota dewan asli putra Lematang tersebut. 

Terpisah, Bakrin, Kepala Bidang Lingkungan Hidup Dinas LH Kabupaten PALI menyatakan bahwa pihaknya bakal segera ke lapangan. 

"Sesegera mungkin kami ke lokasi, dan kami akan berkoordinasi dengan Pemkab Muara Enim apabila terbukti ada perusahaan yang membuang limbah ke sungai Lematang, mengingat lokasi operasional perusahaan ada di wilayah Muara Enim," katanya. (sn)
Share:

2 comments:

  1. Kami tidak butuh kompensasi berupa uang karena pasti ada pihak/oknum2 yg memanfaatkan kesempatan ini, yang kami butuhkan kesadaran pihak perusahaan yg telah membuang limbah industri ini, dan tolong beri bantuan air bersih disetiap desa, kami tidak butuh uang kalian yg kami butuhkan air bersih !

    ReplyDelete
  2. Bagi para pihak pemerintah pemkab dan para perusahaan untuk mencari jalan terbaik, supaya air sungai lematang yang biasa digunakan masyarakat tanah abang bisa dipakai kembali tanpa ada efek gatal dan lain lain. Terimakasih
    Folback gan

    ReplyDelete


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts