Disebut DLH PALI Ada pada Air Sungai Lematang, Ini Penjelasan dokter Apa itu BOD dan Dampaknya

PALI, SININEWS.COM  -- Untuk mengetahui apa itu BOD yang disebut DLH PALI terkandung pada air sungai Lematang, Media ini menelusuri sejauh mana dampak terhadap kesehatan manusia.

"BOD itu bukan bahan kimia. Tapi suatu parameter-parameter yang umum dipakai untuk menentukan tingkat pencemaran bahan organik pada suatu perairan. BOD kepanjangan dari biochemikal oxygen demand, kebutuhan oksigen oleh  mikroorganisme untuk menguraikan bahan pencemar organik," ungkap dr Tri Fitrianti, Direktur RSUD Talang Ubi, Kamis (31/10)

Ditambahkannya, dampak langsung yang terasa adalah keberagaman dan keberadaan makhluk hidup diperairan tersebut akan terancam karena kekurangan oksigen. Sementara untuk dampak terhadap kesehatann manusia bergantung lagi pada zat apa yang dihasilkan dan dibuang oleh perusahan itu.

"Adanya keluhan gatal-gatal dan berkurangnya ikan di sungai Lematang kemungkinan bisa akibat kandungan BOD yang tinggi. Tapi tetap harus dipastikan zat apa yang sudah mencermari sehingga kadar BOD dalam air itu tinggi," terang dr Fitri. (sn) 
Share:

1 komentar:

  1. perlu pihak dinas kesehatan setempat untuk meneliti lebih jauh kandungan BOD pada sumber mata air tersebut

    BalasHapus

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts