Satu Partai, Pengamat Prediksi Kontrol Sosial DPRD - Pemkot Prabumulih "Melempem"

PRABUMULIH, SININEWS.COM - Elektabilitas Partai Golkar terus meningkat di Kota Prabumulih. Terbukti, baik di Pemerintahan (Eksekutif) maupun di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Legislatif), Partai berlambang beringin ini berhasil menjadi pemenang. 

Di Pemerintahan, H Ridho Yahya sukses duduk menjadi Walikota selama dua periode. Sementara, di DPRD, Sutarno berhasil duduk sebagai Ketua DPRD Kota Prabumulih. 

Pengaman Politik, Muftizar Zamwawi saat dimintai tanggapan perihal tersebut menjelaskan Eksekutif dan legislatif idealnya diisi oleh orang dari beda Partai. Ini dilakukan agar baik Eksekutif dan Legislatif bisa saling kontrol dalam menjalankan tugasnya masing-masing. 

"Nah dengan sama partai seperti ini akan menimbulkan bias kepentingan," Ujarnya,  Kamis (17/10).

Agar DPRD tetap bisa menjalankan kontrol sosialnya, kata Muftizar, dewan yang bersangkutan harus memposisikan dirinya benar-benar sebagai wakil rakyat terpilih. 

"Bukan bertindak sebagai wakil partai politik atau perpanjangan tangannya," tuturnya.

Diterangkan Muftizar, Kondisi dewan di indonesia secara general belum siap beroposisi meskipun beda partai, ini terjadi di level nasional yakni DPR RI bukan hanya di tingkat daerah saja. 

"Oleh sebab itu prediksi saya untuk periode ini eksekutif dan legislatif prabumulih akan seiring sejalan," tambahnya. 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts