Ada Perusahaan Bangun Gudang Limbah B3, Pemkab PALI Siap Dukung Asal..

PALI -- Keberadaan limbah B3 atau bahan berbahaya dan beracun kerap dipermasalahkan masyarakat karena selain mengganggu juga bisa menimbulkan pencemaran lingkungan. Tetapi untuk di wilayah Bumi Serepat Serasan, tidak lama lagi bakal dibangun gudang penampungan limbah.

Pembangunan gudang atau tempat penyimpanan limbah bakal dilakukan investor yang rencana lokasinya berada di Desa Pengabuan Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten PALI, Alpian Herdi, Rabu (6/11).

"Rencana bakal dibangun di Desa Pengabuan oleh PT Telaga Biru Semesta (TBS). Saat ini baru tahap sosialisasi dan paparan dengan Pemkab PALI," ucap Alpian.

Pada rencana pembangunan gudang limbah, Alpain menyatakan bahwa Pemkab PALI mendukung selama tidak mengganggu tata ruang dan ada manfaatnya bagi masyarakat.

"Kami siap mengizinkan penampungan limbah dibangun. Apalagi bakal menyerap tenaga kerja lokal dan ada pemasukan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD)," tukasnya.

Sementara itu, Abidin Pohan Manager Operasional, PT Telaga Biru Semesta Cabang Sumsel menyatakan bahwa keberadaan gudang penampungan limbah B3 bakal bisa mengurangi permasalahan lingkungan di Kabupaten PALI.

"Perusahaan kami hanya pengumpul dan transporter limbah B3 yang ada di Sumsel khususnya di PALI. Jadi bukan sifatnya pengelolaan atau pengolahan. Nantinya, limbah B3 yang berasal dari industri atau limbah medis bakal kita kirim ke pihak pemusnah," katanya.

Nantinya dijelaskan Abidin, perusahaan memerlukan lahan seluas minimal satu hektar, dan saat ini pihaknya mengincar lokasi di Desa Pengabuan.

"Estimasi lahan satu hektar, tapi masih menunggu dinas terkait untuk penentuan tata ruang. Untuk operasional, kita nanti bakal pakai tenaga kerja lokal. Dan pembangunan gudang, bakal kita laksanakan secepatnya," tutupnya. (sn)
Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts