Tim Surveyor Kemenkes RI Sambangi Puskesmas Abab, Begini Maksudnya

PALI -- Puskesmas Abab Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dikunjungi tim surveyor dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Rabu (13/11). Pada kunjungan kali ini, Kemenkes menugaskan tiga orang surveyor, yakni dr Sudirman Ansyar SKM M Kes, dr. H Zuhri Karim MT&H cht dan dr Ann Nurhasanah SKM MM.

Kedatangan tim surveyor disambut Asisten II Pemkab PALI  Ruswani bersama dengan Plt Kepala Dinas kesehatan PALI dr Mudakir SKM M KES serta Kepala Puskesmas Abab dr Kateddy.

Plt Kepala Dinas Kesehatan PALI dr Mudakir dalam hal ini di wakili Amiruddin SKM mengatakan tujuan kedatangan tim surveyor dalam rangka akreditasi Puskesmas untuk meningkatkan mutu layanan Puskesmas, memacu Puskesmas untuk memenuhi standar yang ditetapkan.

"Pemberian pelayanan publik oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat merupakan implikasi dari fungsi sebagai pelayan masyarakat sehingga kedudukan aparatur pemerintah dalam pelayanan umum (public services) sangat strategis karena akan menentukan sejauh mana pemerintah mampu memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya bagi masyarakat," kata Amiruddin.

Sehubungan dengan hal tersebut, Amiruddin berharap penilaian akreditasi Puskesmas Abab ini bisa lebih memotivasi semua yang terkait dengan pelayanan kesehatan agar terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat.

"Kepada tim penilai dari Komisi ekreditasi Kementerian Kesehatan RI, saya menyampaikan terima kasih atas dukungannya dalam mendorong peningkatan mutu dan kinerja pelayanan di Puskesmas kami melalui kegiatan penilaian akreditasi ini. semoga proses penilaian dapat berjalan dengan baik dan lancar,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Akreditasi dr Sudirman Ansyar memaparkan tugas tim untuk melihat langsung keadaan Puskesmas secara nyata. "Ada tiga hal yang akan kita survei. Pertama, administrasi dan manajemen puskesmas. Kedua, upaya kesehatan masyarakat perorangan dan lintas-sektoral dalam upaya peningkatan mutu kesehatan dan Ketiga, pelayanan," ungkapnya.

Dijelaskannya, akreditasi ini merupakan upaya menuju pelayanan berkualitas, perlindungan kepada pasien, payung hukum kepada petugas yang memberikan pelayanan, karena telah bekerja sesuai standar operasional.

"Dengan demikian, diharapkan tidak akan terjadi mallpraktik. Jadi, tujuan utama akreditasi puskesmas adalah agar masyarakat bisa menikmati pelayanan kesehatan dengan prima. Begitu pula petugas kesehatan bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan payung hukum sesuai SOP," katanya.

Ketua tim surveyor juga mengharapkan  semua Puskesmas di Kabupaten PALI nantinya bisa terakreditasi. Dengan terakreditasinya Puskesmas di PALI maka pelayanan kesehatan semakin meningkat.

"Harapan kami bisa memberikan penialian yang terbaik kepada Puskesmas Abab ini. Namun jika puskesmas yang dikunjungi masih ada kekurangan sebaiknya diutarakan agar pemerintah Kabupaten PALI bisa berbenah untuk melakukan perbaikan," tukasnya.

Lanjut dr Sudirman Ansyar SKM M Kes pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pratama (FKTP) khususnya Puskesmas Abab perlu dilakukan upaya peningkatan mutu dan kinerja dengan pembakuan dan pengembangan sistem manajemen dan mutu perbaikan kinerja secara komprehensif dan berkesinambungan.

"Untuk melihat sejauh mana kualitas pelayanan kesehatan di PALI, maka perlu dilakukan penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar baku yang telah ditetapkan melalui mekanisme akreditasi. Untuk tahun ini Puskesmas Abab yang akan di survei oleh tim akreditasi," tutupnya. (sn)
Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts