Pages

Tuesday, December 31, 2019

Akhir Tahun, Plt Bupati Lantik 102 Kades

MUARA ENIM, SININEWS.COM - Di penghujung tahun 2019 ini,  sebanyak 102 Kades di wilayah Kabupaten Muara Enim dilantik langsung oleh Plt Bupati H Juarsah SH di Plaza Gor Pancasila, senin (30/12).

"Kades harus melaksanakan amanah yang diberikan oleh masyarakat dan harus dilakukan dengan ikhlas dab penuh tanggung jawab sehingga menjadi ladang amal," ujarnya.

Untuk itu, dengan dilantiknya 102 kades di kabupaten Muara Enim, bisa memberikan pemikiran yang aktual dalam mencapai visi dan misi desa. "Kepala desa harus mampu berkoordinasi dengan BPD dan lembaga serta tokoh masyarakat setempat, mendengarkan saran dan pendapat masyarakat," bebernya.

Lanjutnya, ada beberapa hal yang dilarang yakni merugikan kepentingan umum dan melakukan tindakan diskrininatif terhadap warga. "Juga tidak boleh KKN terhadap barang dan jasa serta yang tak kalah pentingnya tidak boleh melanggar sumpah dan janji jabatan," terangnya.

Pengelolaan dana desa harus dilakukan dengan sangat hati hati dan harus digunakan sesuai dengan aturan perundang undangan yang berlaku. "Dari semua itu, saya berharap agar para kades bisa bisa mengemban tugas dan amanah ini," harapnya.

Pimpinan DPRD Muara Enim, Hadiono mengatakan Kepala desa harua dapat mengemban tugas yang dipercayakan kepadanya sehingga diharapkan nantinya akan dapat dipercaya melaksanakan pemerintahan desa. "Kepala desa dan perangkat desa memperoleh penghasilan tetap dan tunjangan yang berasal dari APBN dan APBD dengan mendapat gaji yang tetap setiap bulannya," bebernya.

Oleh karena itu, diharapkan pemerintahan desa mampu bekerja secara sungguh-sungguh untuk masyarakat desa tanpa harus memikirkan bagaimana kepala desa untuk menghidupi keluarganya. "Saya hanya berpesan kepada saudara-saudara yang dilantik menjadi kepala desa pada hari ini untuk tidak bosan belajar dan bertanya kepada para camat dinas instansi terkait dalam menjalankan tugasnya," pungkasnya.

0 komentar:

Post a Comment