Pages

Thursday, December 12, 2019

Bupati Pesankan Linmas Jaga Lingkungan Tetap Kondusif Jelang Pilkada

PALI --  Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) H Heri Amalindo berharap seluruh anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) mampu mengamankan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan wakil Bupati tahun 2020 mendatang.

Harapan itu disampaikan orang nomor satu di Bumi Serepat Serasan saat hadiri sosialisasi Pengamanan Pemilukada Bupati dan wakil Bupati serentak tahun 2020 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) tingkat desa, kelurahan dan kecamatan dalam lingkup Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol.PP) Kabupaten PALI, Kamis (12/12) di lapangan terbang eks Stanvack.

"Linmas sesuai namanya adalah perlindungan masyarakat, artinya harus mampu menjaga dan melindungi masyarakat. Linmas merupakan garda paling depan dalam menjaga ketertiban dan keamanan dalam lingkungannya terlebih saat jelang Pilkada, serta sebagai jembatan atau penghubung ke kepala daerah," harap Bupati.

Bupati juga mengingatkan agar seluruh anggota Linmas jangan terpengaruh hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.

"Lebih baik berbuat sesuai tugas Linmas yakni bagaimana melindungi masyarakat agar lingkungan kita tetap kondusif. Karena Pilkada adalah sebuah proses demokrasi, jadi perbedaan sesuatu yang biasa. Dan kami berpesan jangan ribut akibat perbedaan, tetap jaga persatuan dan kebersamaan supaya proses Pilkada di daerah kita lebih baik serta berjalan aman dan damai," tambahnya.

Sementara itu Dr Arief M Edie Direktur Satpol.PP Dan Linmas Kemendagri menyemangati seluruh anggota Linmas untuk bangga.

"Jangan hiraukan olok-olokan orang lain, yang penting tampil terbaik serta kita harus bangga jadi anggota Linmas. Tugas Linmas adalah lindungi masyarakat dari gangguan manapun. Tugas Linmas sangat banyak sekali. Saya sarankan anggota Linmas setiap hari harus buat laporan, pantau lingkungan kita, deteksi dini serta laporkan lebih awal kepada pihak berwajib apabila ada indikasi gangguan,  gunanya untuk menjaga keutuhan NKRI," kata Arief.

Mengenai Pilkada, Arief menjelaskan bahwa Pilkada adalah memilih, jangan ada sengketa, jangan ada gesekan dan harus tunjukkan demokrasi.

"Tetap junjung persatuan, sebab tugas kita paling depan. Apalagi hadapi Pilkada, yang menjaga setiap TPS adalah Linmas, deteksi sedini mungkin hal-hal yang sekiranya tidak diinginkan agar lingkungan kita tetap terjaga. Saat Pilkada, tugas Linmas tidak boleh memihak tapi harus berpihak untuk PALI, Linmas juga harus mampu mengajak masyarakat untuk memilih, untuk datang ke TPS dan ajak masyarakat jangan Golput," pesan Arief.

Ditempat sama, Zulkopli SH Plt Kepala Satpol.PP PALI memaparkan tujuan pelaksanaan sosialisasi tersebut.

"Tujuan dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan anggota Linmas berperan aktif mensukseskan Pilkada dengan cara menjaga keamanan dan ketertiban dalam lingkungannya. Ada
1.020 anggota Linmas dan 200 orang anggota Satpol.PP ikuti sosialisasi ini," jelas Zulkopli.

Pada kegiatan tersebut, Pemkab PALI memberikan penghargaan terhadap anggota Linmas terbaik dan yang mengabdi lebih dari 20 tahun. Kegiatan tersebut juga dihadiri Perwakilan Kepala Satpol.PP Provinsi Sumatera Selatan, Sekda PALI, sejumlah kepala OPD dan FKPD dilingkungan Pemkab PALI. (sn)

0 komentar:

Post a Comment