Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Bupati PALI Bagikan 1.000 Ekor Ayam

PALI -- Ajak warga Bumi Serepat Serasan tidak terpaku pada perkebunan karet, Bupati PALI H. Heri Amalindo bagikan 1000 ekor ayam kampung ke warga Kabupaten PALI yang berada di seputaran wilayah Simpang Raja, kelurahan Handayani Mulya, kecamatan Talang Ubi, Kamis (12/12).

Pembagian ayam kampung dilakukan secara simbolis kepada perwakilan warga yang tergabung dalam kelompok Tani Senianan dan Kelompok Tani Solusi Berjaya, di Kebun Buah, Simpang Raja.


"Jangan setelah diberikan kemudian dibawa ke pasar kalangan, kemudian dijual. Kalau begitu, apapun yang diberikan oleh pemerintah tidak akan awet. Tolong dirawat, bahkan dikembangbiakkan, sehingga, nanti dari 10 ekor bisa menjadi 20 ekor atau bahkan lebih," kata Bupati.

Ia juga mengatakan pemberian ayam kampung juga bisa menjaga protein anak kita. "Diberi 10 ekor, kemudian dalam satu hari ayam bertelur. Telurnya bisa dikonsumsi untuk meningkatkan protein. Selebihnya telur tadi bisa dijual untuk menambah penghasilan. Semoga bermanfaat untuk warga PALI," jelasnya.

"Memang pada awalnya, ayam kampung yang diberikan berjumlah 20 ekor untuk satu KK dan kemudian yang menerima hanya 50 KK, namun kita bagi menjadi 10 ekor satu KK dan yang menerimanya 100 KK. tujuannya agar penerima ayam kampung lebih banyak," tukasnya.

Dengan pemberian ayam kampung tersebut diharapkan Bupati bisa menjadi awal warga penerima untuk mengembangbiakannya. "Kalau sudah banyak, bisa membantu perekonomian, apalagi yang berprofesi sebagai petani karet, jadi warga tidak terpaku terhadap harga getah saja," harap Bupati. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan melalui dr. Erna Gusniawati sebagai dokter hewan pada Dinas Perikanan kabupaten PALI menerangkan bahwa total ada 100 kepala keluarga (KK), yang mana masing-masing KK mendapatkan 10 ekor ayam kampung.

"Dengan diberikannya bantuan ayam kampung, diharapkan bisa membantu mengentaskan kemiskinan dengan cara mengembang biakkan ayam kampung yang diberi. Minimal, tidak berkurang, kalau bisa bertambah. Sehingga bisa menambah penghasilan keluarga, baik dari telur, maupun ayamnya," ungkapnya.(sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts