Ajak Warga Ikut Program KB, DPPKBPPPA PALI Tidak Sungkan Datang ke Pelosok

PALI -- Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terus eksis mengajak masyarakat di Bumi Serepat Serasan untuk ikut program Keluarga Berencana (KB). 

Upaya mengajak masyarakat untuk ber-KB, DPPKBPPPA bukan hanya menggelar kegiatan, namun juga gencar datangi langsung warga ke desanya. Bahkan DPPKBPPPA PALI mengerahkan Petugas Lapangan KB (PLKB) untuk sosialisasikan dan mengajak secara door to door.

Atau bagi pasangan usia subur Kabupaten PALI yang akan ber-KB baik baru atau ganti, caranya dapat mendatangi Polindes, Pustu, Puskesmas, RS terdekat atau datang ketempat pelayanan KB keliling Tim Keluarga Berencana Keliling (TKBK). 

"Selain mengajak, kita langsung lakukan pelayanan KB sampai ke pelosok. Ada beberapa alat kontrasepsi yang ditawarkan, diantaranya  MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) seperti MOW atau MOP, IUD dan Implant atau susuk KB," kata Yenni Nopriani, Kepala DPPKBPPPA PALI, Rabu (29/1).

Konseling pencegahan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) juga dilakukan DPPKBPPPA PALI sebagai upaya menekan angka perceraian serta terjadinya konflik dalam keluarga. 

"Program kami bukan hanya mengajak warga yang telah menikah untuk ikut KB, tetapi juga memberikan pemahaman agar hindari pernikahan pada usia anak, hindari KDRT dan membentuk usaha agar pendapatan keluarga bertambah," jelasnya.

Sebab dijelaskan Yenni bahwa program KB adalah bagian yang terpadu dalam program pembangunan nasional dan bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan ekonomi, spiritual dan sosial budaya.

"Tujuan akhir adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kita akan terus berupaya meningkatkan pelayanan serta mensosialisasikan supaya kesadaran masyarakat untuk ikut program KB meningkat," tandasnya.(sn) 
Share:

No comments:

Post a Comment



Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts