Pages

Wednesday, January 29, 2020

Sekda PALI 'Dayung Sampan' Tinjau Lokasi Banjir

PALI -- Banjir yang mengepung wilayah Kecamatan Tanah Abang membuat Sekda Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Syahron Nazil turun tangan meninjau lokasi bajir, pada Rabu (29/1).

Tidak cukup meninjau dari kejauhan, Sekda pun turut mendayung perahu melihat secara langsung kondisi warga yang terkena imbas banjir. 

"Paling parah terkena imbas banjir adalah Desa Curup Kecamatan Tanah Abang. Kita tinjau bersama OPD terkait, diantaranya BPBD, Dinsos dan Dinkes serta tim penanggulangan bencana. Karena instansi itu terlibat ketika ada kejadian seperti ini," kata Sekda. 

Langkah awal Pemkab PALI menanggulangi banjir di wilayah Kecamatan Tanah Abang disebutkan Sekda adalah mengupayakan keselamatan warga. 

"Kita pantau kesehatannya, dan mengevakuasi warga apabila air terus naik. Intinya langkah awal saat ini mengutamakan keselamatan warga," tukasnya.

Diakui Sekda bahwa imbas banjir sudah ada beberapa keluarga yang telah mengungsi, namun sebagian besar masih bertahan di rumahnya masing-masing. 

"Kita dirikan posko, dan langkah selanjutnya kita tengah lakukan kajian termasuk untuk atasi banjir yang biasa di alami warga Desa Curup pada khususnya," tandasnya. 

Sementara itu, Junaidi Anuar Kepala BPBD PALI menyebutkan ada 6 Desa di Kecamatan Tanah Abang yang terendam banjir. "Memang paling parah Desa Curup, karena posisi desa tersebut paling rendah diantara desa-desa lainnya yang ada dipinggiran sungai Lematang. Banjir ini akibat Sungai Lematang meluap karena intensitas hujan cukup tinggi," terang Junaidi. (sn)

0 komentar:

Post a Comment