Pages

Sunday, February 9, 2020

Duta Stunting Desa Talang Bulang Kumpulkan Emak-emak, Rupanya Ini Tujuannya

PALI -- Meski baru beberapa hari dilantik, tetapi sepertinya duta cegah stunting Desa Talang Bulang Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Hartini tidak mau ketinggalan dengan desa-desa lainnya untuk beraksi tekan kasus tidak normalnya tumbuh kembang anak atau stunting di desanya. 

Terbukti pada Minggu sore (9/2) di balai desa setempat, Hartini mengumpulkan emak-emak untuk diberikan pemahaman apa itu stunting, penyebab, bahaya serta pencegahannya. 

Dijelaskan Hartini bahwa sesuai amanah yang telah diberikan ketua TP.PKK Kabupaten PALI yang menjadi duta cegah stunting Kabupaten PALI bahwa pencegahan stunting harus didukung semua elemen dari tingkat kabupaten sampai ke desa. 

"Emak-emak di desa kami banyak belum paham apa itu stunting, untuk itu saya izin dengan kepala desa untuk memberikan sosialisasi kepada warga disini terutama ibu rumah tangga," ungkap istri Kades Talang Bulang itu. 

Karena dijelaskannya bahwa rata-rata warganya yang notabene sebagai petani karet kurang begitu memperhatikan asupan gizi bagi keluarganya. 

"Penyebab stunting salah satunya akibat tidak seimbangnya asupan gizi, terutama pada saat masa pertumbuhan. Dan kebanyakan warga kami dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari yang penting bisa mengenyangkan perut dengan harga murah. Untuk itulah kami perlu memberikan wawasan bagi warga agar bisa mengatur pola hidup sehat," terangnya. 

Hartini juga menjabarkan dihadapan emak-emak dalam pemenuhan gizi dan menerapkan pola hidup sehat tidak harus mahal. Sebab dikatakan Istri kades itu, warga bisa memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam sayuran dan tanaman obat atau Toga. 

"Juga kita bisa memelihara ayam. Nantinya apa yang dihasilkan dari pemanfaatan pekarangan rumah dan memelihara ayam bisa dikonsumsi keluarga, bahkan kalau lebih bisa dijual sebagai tambahan penghasilan keluarga. Artinya, kita bisa memperhatikan asupan gizi keluarga tidak harus mahal yang penting ada kemauan dari diri kita," tambahnya. 

Dengan sosialisasi cegah stunting, diharapkan Hartini, Desa Talang Bulang bebas dari macetnya pertumbuhan anak. "Minimal desa kami kedepan minim kasus stunting, dan kami bertekad desa yang menjadi gerbang masuk kabupaten PALI ini bisa menjadi terdepan di Bumi Serepat Serasan," tekadnya. (sn) 

0 komentar:

Post a Comment