Pages

Sunday, February 9, 2020

KPUD PALI Wawancarai 50 Peserta Calon PPK, Bawaslu Tetap Pantau

PALI -- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) kembali menguji calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk menjaring dan menentukan peserta yang bakal duduk menjadi PPK di 5 Kecamatan dalam menghadapi Pilkada PALI 23 September 2020 mendatang.

Kali ini sebanyak 50 peserta diuji keberaniannya menghadapi tes wawancara dengan penguji langsung dilakukan 5 orang komisioner KPUD PALI. 

Tes wawancara tersebut dilaksanakan selama dua hari, sejak Sabtu (8/2) hingga Minggu (9/2) di Sekretariat KPUD PALI, Jalan Merdeka Kelurahan Handayani Mulya. 

"Yang ikut tes wawancara sebanyak 50 peserta dari 5 kecamatan. Dimana peserta tersebut yang lolos ikut tes tertulis yang digelar beberapa hari lalu," ungkap Sunario, Ketua KPUD PALI, Minggu (9/2).

Pelaksanaan tes wawancara sendiri diakui Sunario sengaja dilakukan selama dua hari mengingat waktunya tidak memungkinkan apabila digelar serentak. 

"Tahap pertama atau hari Sabtu, kita undang 30 peserta dari 3 kecamatan untuk ikuti tes wawancara, yakni dari Talang Ubi, Penukal dan Penukal Utara. Dan tahap akhir ini atau Minggu, ada 20 peserta dari 2 kecamatan, yaitu Abab dan Tanah Abang," terangnya. 

Hasil tes disebutkan Sunario bahwa sesuai tahapannya bakal diumumkan sekitar tanggal 15 Februari 2020.

"Dari 50 peserta bakal diambil 25 orang yang menjadi calon PPK terpilih untuk ditempatkan di 5 kecamatan, masing-masing kecamatan 5 orang anggota PPK yang bakal kita umumkan di pertengahan bulan ini," tukasnya. 

Untuk hasil akhir penjaringan PPK, Sunario menegaskan bahwa KPUD bakal bersikap transparan dan dipastikan tidak ada unsur titipan atau intervensi dari pihak manapun. 

"Yang terpilih nanti adalah bagi mereka yang memang memiliki kemampuan. Jadi kami yakinkan tidak ada titipan apalagi hasil sogok menyogok. Karena dari awal penjaringan PPK dilakukan secara terbuka dan diawasi serta dipantau banyak pihak," tandasnya. 

Pada pelaksanaan tes wawancara, Bawaslu Kabupaten PALI tidak pernah absen memantau tahapan penjaringan PPK. 

"Ya, kita pantau terus untuk memastikan proses penjaringan anggota PPK berjalan mulus agar hasilnya nanti tanpa meninggalkan permasalahan. Kami memantau sampai pada pengumuman akhir nanti," kata Ketua Bawaslu PALI, Heru Muharam melalui Divisi Pengawasan Iwan Dedi. (sn)  


0 komentar:

Post a Comment