Sosialisasi Program Transmigrasi, Tahap Awal Tampung 50 KK Transmigran

PALI -- Program transmigrasi yang berlokasi di sekitar wilayah Sungai Jelike Desa Tempirai Selatan Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) tidak lama lagi segera direalisasikan pemerintah pusat. 

Untuk memberikan informasi terkait program itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten PALI mensosialisasikannya ke masyarakat Desa Tempirai, Jumat (21/2) di Balai Desa Tempirai yang dihadiri puluhan warga setempat, Kades Tempirai raya, Camat Penukal Utara serta Babinsa dan Polsek Penukal Utara. 

Pada kesempatan itu, Kades Tempirai Selatan, Sapikal Usman bahwa sebagai pemerintah desa sangat mendukung program tersebut. 

"Kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mendukung program ini. Program yang tidak lama lagi bakal dilaksanakan ini anggarannya berasal dari APBN dan tidak mudah mendapatkan kucuran dana itu. Kita sudah lama tidak bisa membuka lahan tidur itu dan dengan program ini kesempatan kita untuk membangun desa kita dan SDM di desa Tempirai raya," ucap Kades. 

Sementara itu, Usmandani, Kepala Disnakertrans PALI menjabarkan bahwa program transmigrasi tahap awal di Desa Tempirai bakal dibuka seluas 900 hektar lahan dan baru akan menampung 50 kepala keluarga (KK) dengan rincian 30 KK dari lokal dan 20 KK dari transmigran luar PALI. 

"Program ini harus kita dukung bersama, sebab program transmigrasi ini sudah melalui tahapan panjang. Dari pengajuan, survei dari kementerian dan pemetaan serta perencanaan," ujar Usmandani. 

Kadisnakertrans PALI berharap program transmigrasi yang bakal dibangun bisa berjalan lancar di Desa Tempirai. 

"Kalau tahap awal berjalan sukses, mudah-mudahan tahap berikutnya bisa dibuka lebih luas lagi serta bisa menampung transmigran lebih banyak," harapnya. (sn) 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts