Study Pemanfaatan Data, Dukcapil Prabumulih Sambangi Capil PALI

PALI -- Lagi-lagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menerima kunjungan study dari Disdukcapil Kota Prabumulih pada Selasa (25/2).

Kedatangan Dukcapil Prabumulih menurut Kepala Disdukcapil PALI, Rismaliza melalui Kabid Pemanfaatan data dan inovasi pelayanan, Dewi Anggraini bertujuan study banding terkait pemanfaatan data Warehouse.

"Capil Prabumulih datangi Capil PALI dalam rangka kunjungan study mengenai monitoring web servis koneksi DWH dan kunjungan langsung ke OPD dalam hal ini Dinas Sosial (Dinsos) dalam hal pemanfaatan data," ungkap Dewi.

Meski baru seumur jagung, dikatakan Dewi bahwa Capil PALI sudah banyak melakukan terobosan dalam hal pelayanan administrasi kependudukan termasuk pemanfaatan data.

Dijelaskan Dewi bahwa rahasia akses pemanfaatan data bisa berjalan dan terkoneksi dengan baik adalah harus menjalin kerjasama dengan seluruh OPD.

"Jaringannya difasilitasi Kominfo, untuk kerjasamanya seluruh OPD. Dengan demikian setiap OPD bisa mencari NIK sendiri melalui kerjasama jaringan khusus VPN IP yang bisa diakses oleh  petugas khusus yang ditunjuk OPD terkait dan telah disetujui Kemendagri. Misalkan ada OPD hendak menyalurkan bantuan, maka OPD itu bisa melacak NIK bakal penerima bantuan, apakah tepat sasaran atau belum," jelasnya.

Selain itu, ditambahkan Dewi bahwa Dukcapil PALI juga jalin mitra dengan OPD dan instansi lainnya.

"Mitra kerja kami adalah RSUD Talang Ubi, PT POS, Dinkes, IBI, RS Pertamina, FKUK (Forum Komunikasi Umat Kristiani). Cara kerjanya sangat sederhana, yakni melalui grup whatsapp. Jadi apabila ada kelahiran atau kematian maupun pernikahan, melalui grup whatsapp bisa dilaporkan kemudian kita akses untuk penerbitan," tandasnya. (sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts