Pages

Wednesday, March 4, 2020

Bawaslu PALI Temukan Puluhan Calon PKD Terindikasi Terdaftar di Parpol


PALI, SININEWS.COM - Jelang pengumuman calon Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) yang bakal diumumkan pada tanggal 12 Maret 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menemukan puluhan calon PKD terindikasi menjadi anggota Partai Politik (Parpol) setelah pengecekan melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). 

Informasi itu diungkapkan ketua Bawaslu PALI, Heru Muharam melalui Iwan Dedi Divisi Pengawasan Bawaslu PALI, Rabu (4/3). 

"Hasil pengawasan kami di Sipol terdapat beberapa nama calon PKD terdaftar sebagai keanggotaan Parpol. Tentu ini jadi temuan kami dan bakal dipanggil nama-nama bersangkutan untuk dimintai klarifikasi," ungkap Iwan Dedi. 

Alasan adanya kesempatan klarifikasi dijelaskan Iwan Dedi bahwa seperti pengalaman sebelumnya dengan adanya nama calon pengawas yang terdaftar tetapi saat diminta klarifikasi yang bersangkutan merasa tidak mengetahui kalau dirinya tedaftar di salah satu parpol, lantaran yang bersangkutan tidak pernah memberikan identitasnya untuk Parpol. 

"Setelah mendengar klarifikasi, yang memang tidak pernah mendaftar sebagai anggota parpol untuk membuat pernyataan yang ditandatangani ketua Parpol dengan membubuhkan materai. Tetapi yang terbukti, dianggap gugur," tandas Iwan Dedi. 

Adapun jumlah nama-nama calon PKD yang terdaftar sebagai anggota Parpol, Iwan Dedi menyebutkan bahwa dari Kecamatan Tanah Abang paling banyak. "Tanah Abang ada 11 nama yang terdaftar sebagai anggota parpol. Kecamatan Abab ada 8 orang, Penukal ada 1 orang, Penukal Utara ada 10 orang serta Talang Ubi ada 4 orang. Tetapi mereka tidak serta merta mereka gugur, tetap akan kita pinta klarifikasi," terangnya. 

Untuk pengawasan selain pada penjaringan PKD, Iwan Dedi juga bakal memperlakukan sama terhadap penjaringan calon Panitia Pemungutan Suara (PPS). 

"Nanti setelah kita menerima pengumuman hasil tes tertulis, kita juga bakal cek di Sipol nama-nama calon PPS," tukasnya. (sn)

0 komentar:

Post a Comment