Terbaring Lemah Selama 16 Tahun, Nenek Asal Simpang Tais Butuh Bantuan 

PALI, SININEWS.COM -- Siti Rukiyah perempuan Lanjut Usia (Lansia) asal Desa Simpang Tais Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sudah hampir 16 tahun ini hanya bisa terbaring lemah di rumahnya. Pasalnya nenek yang saat ini usianya hampir 80 tahun itu awalnya terserang penyakit strok 16 tahun silam.

Pihak keluarga telah berupaya mengobati dari rumah sakit sampai orang pintar, tetapi penyakitnya tak kunjung sembuh. Bahkan penyakit nenek Siti Rukiyah semakin hari semakin parah dan kini hanya tersisa tulang terbungkus kulit serta kondisinya hanya terbaring lemah tanpa bisa menggerakkan anggota badannya. 

 Meski dari secara fisik Lansia itu sulit diobati, namun untuk keperluan sehari-hari, nenek tersebut butuh uluran tangan para dermawan. Sebab nenek itu tinggal bersama salah satu anaknya, bernama Reni yang usianya sekitar 25 tahun, tetapi kondisi Reni merupakan penyandang disabilitas. 

 "Nenek ini dirawat anaknya yang kondisinya seperti itu (disabilitas) yang tidak bisa mencari nafkah hidup. Selama ini, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya hanya menunggu uluran atau pemberian anak-anaknya yang lain serta tetangga sekitar," terang Erika Peru, Kades Simpang Tais, Rabu (4/3). 

 Untuk pelayanan kesehatan, diakui Kades bahwa dari Dinkes melalui bidan desa sering memeriksa nenek Siti Rukiyah, tetapi untuk bantuan dari instansi lain belum ada. "Kalau melihat seperti ini, sulit sembuh. Tapi yang lebih penting adalah selama nenek itu masih hidup, butuh makan dan minum. Untuk itu, kami berharap ada bantuan dari Pemkab PALI atau donatur lainnya. Dan saat ini memang baru ada organisme masyarakat yang sudah dua kali membantu yakni JPKP," tukasnya.

Sementara itu, Metty Etika, Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) menyatakan telah mengirim Kabid Resos untuk mengecek dan memberikan bantuan. "Kita bakal bantu Lansia tersebut. Dan saat ini kami telah perintahkan Kabid Resos untuk mengirim bantuan," ucapnya. (sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts