Pages

Wednesday, March 18, 2020

Cegah Covid-19, Pintu Masuk PALI Dipantau Satgas Gabungan

PALI, SININEWS.COM -- Langkah cepat dan tepat dalam mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 masuk ke wilayah Bumi Serepat Serasan, Satuan Tugas (Satgas) lintas sektoral atau tim gabungan penanggulangan corona bakal mengawasi setiap pintu masuk Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PALI, Junaidi Anuar, Rabu (18/3).

Menurutnya, pasca dilaksanakannya rapat bersama seluruh Muspida di lingkungan Pemkab PALI yang dipimpin Bupati PALI H Heri Amalindo pada Senin malam (16/3) di Rumah Dinas Bupati yang menghasilkan keputusan diantaranya membentuk satgas lintas sektoral cegah penyebaran Covid-19, langsung ditindaklanjuti rapat pembentukan satgas tersebut pada Selasa (17/3).

Pada pembentukan satgas gabungan itu, juga dihasilkan beberapa poin kesepakatan dalam membendung virus yang saat ini menjadi wabah internasional tersebut. 

Salah satu poin disebutkan Junaidi adalah akan mendirikan posko di pintu masuk kabupaten PALI. Artinya pengawasan pada pintu masuk diperketat. 

"Kita bakal pantau aktivitas di pintu masuk Kabupaten PALI serta melakukan penanggulangan adanya warga yang terindikasi terpapar Covid-19. Karena dalam satgas gabungan itu  seluruh instansi dan OPD dilibatkan," ungkap Junaidi. 

Junaidi juga menghinbau warga PALI untuk tidak mengumpulkan orang banyak. "Kalau sudah direncanakan adanya kegiatan mengumpulkan orang banyak, kami sarankan untuk ditunda sampai adanya pemberitahuan," harapnya. 

Adapun langkah-langkah Pemkab PALI untuk cegah penyebaran virus corona hasil dari rapat pembentukan Satgas lintas sektoral sebagai berikut. 

1. Pembentukan gugus tugas percepatan penanggulangan virus corona dengan melibat seluruh instansi dan OPD-OPD
2. Sosialisasi melalui media massa, dan penyebaran brosur-brosur serta sosialisasi keliling dengan menggunakan pengeras suara
2. Akan mendirikan posko-posko di pintu-pintu masuk kabupaten PALI 
3. Menghimbau agar tidak mengumpulkan orang banyak
4. Melakukan pencegahan penyebaran virus vorona dengan membersihkan tempat-tempat umum
5. Melakukan penanggulan bila ada indikasi masyarakat yang terpapar virus corona
6.Posko terpadu bakal didirikan di Polres PALI.  (sn)

0 komentar:

Post a Comment