Pages

Thursday, March 12, 2020

PEP Sangatta Field Perkenalkan “BankGi” (Bank Gizi)

SANGATTA, SININEWS.COM - Salah satu program Pemberdayaan Masyarakat PT Pertamina EP (PEP) Asset 5 Sangatta Field di bidang kesehatan yaitu KARY DAGING (Kader Posyandu Gizi Seimbang). Program KARY DAGING bertujuan untuk meningkatkan pola makan gizi seimbang melalui kerjasama dengan kader posyandu desa dan didampingi oleh Puskemas Kecamatan Sangatta Selatan. 

Sebagai kelanjutan program, PEP Sangatta Field memperkenalkan BankGi (Bank Gizi) bertempat di Posyandu Mawar 1 KM 13 Desa Sangkima, Sangatta Field, Kamis (5/3). Kegiatan tersebut dihadiri peserta orang tua yang membawa bayi dan balita. 

BankGi yang berarti Bank Gizi berbentuk kotak makan yang berisi makanan pokok, lauk-pauk, sayuran dan buah yang ditata semenarik mungkin untuk anak-anak. Melalui BankGi, Sangatta Field berupaya mengedukasi para orangtua untuk menerapkan pola makan gizi seimbang untuk sehari-hari.

Hadir dalam acara tersebut Rio Ostaryo selaku Sangatta L&R Asst.Manager, Hasdiah selaku Camat Sangatta Selatan, PWP Sangatta Field, Puskesman induk Sangatta Selatan, Kades Sangkima, PKK Desa serta tidak ketinggalan para KARY DAGING.

Rio Ostaryo dalam sambutannya menyampaikan Pertamina EP melalui program CSR-Comdev turut mendukung program Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) pemerintah. “Bank Gizi ini adalah bagian dari Program KARE DAGING yang kami buat sebagai bentuk sinergitas dengan program pemerintah, Germas. Nantinya kami bekerjasama dengan para kader posyandu di beberapa desa, termasuk Sangkima untuk menciptakan pola makan yang memenuhi gizi seimbang”, terang Rio Ostaryo.

Camat Sangatta Selatan menuturkan hal senada, menurutnya program ini sejalan dengan Germas Hidup Sehat yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan. Apalagi, menurut Hasdiah pola makan gizi seimbang merupakan langkah preventif menghadapi ancaman stunting. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Pertamina EP Sangatta Field untuk program-program yang menjawab kebutuhan masyarakat sekaligus juga mendukung tugas kami di pemerintahan”.

Para orangtua yang ditemui memberikan apresiasi postif atas BankGi ini. Mereka mengaku senang melihat anak-anak mereka antusias saat diberikan BankGi. “Tadi anak saya makan sendiri, nggk mau saya suapin. Dia suka sama isi kotaknya, mungkin karena lengkap yaa, ada nasinya, sayur, lauk dan buahnya. Terimakasih Pertamina”. Imbuhnya sembari tersenyum.

Disela-sela kegiatan posyandu ini, pihak Puskesmas Kecamatan Sangatta Selatan juga melakukan penyuluhan kepada para orangtua yang hadir terkait arti penting pola makan gizi seimbang.(ril/SN)

0 komentar:

Post a Comment