Pages

Wednesday, March 18, 2020

PERTAMINA EP ASSET 5 SANGASANGA FIELD DUKUNG PROGRAM PUSKESMAS SANGASANGA BEBAS STUNTING 2020

SANGASANGA, SININEWS.COM – PT Pertamina EP Asset 5 Sangasanga Field mendukung program Puskesmas Sangasanga Bebas Stunting tahun 2020. Launching program dibuka dengan diadakannya “Sosialisasi ASI Eksklusif dalam Upaya Pencegahan Stunting”, Sabtu (22/02). Acara yang berlangsung di Wisma Ria, Sangsanga Field ini mengundang dr. Nanan Surya Perdana, Sp.A sebagai narasumber tunggal dalam acara tersebut. dr. Nanan merupakan dokter spesialis anak terbaik di Kota Samarinda.

Acara tersebut berhasil menggait 122 orang peserta, diantaranya adalah 86 orang ibu hamil, sedangkan sisanya terdiri dari kader posyandu, PKK Kecamatan Sangasanga, Ibu Muspika, PWP (Persatuan Wanita Patra), dan sebelas perusahaan yang ada di Kecamatan Sangasanga. 

Stunting menjadi momok bagi generasi yang akan datang, karena baduta (balita di bawah dua tahun) yang stunting akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya, tidak terkecuali perkembangan otak. Oleh karenanya, nutrisi pada 1000 hari pertama kehidupan harus maksimal. 1000 hari kehidupan dihitung mulai sejak di dalam kandungan ibu. 

Kecamatan Sangasanga sendiri memiliki riwayat stunting yang cukup tinggi, yaitu 7,4% dari total balita mengalami stuting. Ditambah, baru 56% ibu menyusui di Kecamatan Sangasanga yang memberikan ASI eksklusif kepada anaknya (Data Screening Puskesmas Sangasanga). 

Oleh karena itu, acara sosialisasi ASI Ekskusif ini menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Sangasanga agar dapat memberikan pengetahuan kepada ibu hamil serta mendorong pemberian ASI Eksklusif kepada buah hatinya nanti.

Acara yang berlangsung selama tiga jam tersebut berjalan dengan sukses dan lancar. Suksesnya acara ditandai dengan terjalinnya interaksi dua arah antara narasumber dengan peserta. Tanya-jawab yang tadinya hanya dibuka 2 sesi dengan masing-masing sesi 3 pertanyaan akhirnya dibuka lagi menjadi 16 pertanyaan. 

dr. Isyana Dalli selaku Kepala Puskesmas Sangasanga menyatakan bahwa antusias yang sangat tinggi dari peserta khususnya ibu hamil dan kader kedepannya akan membantu mensukseskan “Program Sangasanga Bebas Stunting 2020”. 

Sangasanga Field Manager Jemy Oktavianto menyebutkan bahwa “ “Pertamina EP Field Sangasanga akan selalu mendukung dan bekerja sama dengan pemerintah untuk mensukseskan program2 yang sudah dicanangkan dan dilaksanakan oleh pemerintah baik itu tingkat pusat maupun daerah disekitar wilayah operasi” pungkasnya.(ril/SN)

0 komentar:

Post a Comment