Tidak Ingin Kecolongan, Desa di PALI Ini Cek Kesehatan Seluruh Warganya

PALI -- Sayadi Kepala Desa Gunung Menang Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menyatakan bahwa dalam mencegah virus corona masuk ke desanya, selain dilakukan penjagaan ketat pada pintu masuk, Pemdes setempat dibantu PKK setiap hari berkeliling mengecek kesehatan dan suhu tubuh seluruh warganya.

Hal itu dilakukan untuk memastikan desanya terbebas dari virus corona atau Covid-19.

"Kita dibantu PKK dan melibatkan tim medis serta pramuka juga dari pelajar SMK setiap hari mengecek kesehatan seluruh warga dengan mengunjungi rumah warga," ungkap Sayadi didampingi Yurmaini ketua PKK Desa Gunung Menang, Selasa (14/4).

Diakui Kades, PKK desa Gunung Menang juga memproduksi masker sendiri yang kemudian dibagikan ke masyarakat.

"Sesuai anjuran pemerintah dan TP.PKK agar pemdes dan PKK desa untuk bersatu padu melawan wabah corona. Kami awalnya membeli masker untuk pencegahan penyebaran Covid-19, namun selanjutnya PKK desa kami berinisiasi membuat sendiri dengan menggerakkan seluruh kader PKK. Alhamdulillah, hingga saat ini, sudah 70 lusin masker telah disalurkan," terang Kades.

Diakuinya meski seluruh warganya di cek kesehatannya, namun tetap saja pihaknya mengawasi pemudik yang baru datang dari wilayah zona merah. 

"Masih ada 111 warga yang kami awasi karena baru pulang mudik. Linmas dan perangkat desa kami kerahkan untuk memantau mereka agar tidak berkeliaran selama 14 hari," tukasnya.

Pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa Gunung Menang juga dikatakan Kades bahwa pihaknya menyiapkan dan menyebarkan tempat cuci tangan sebanyak 15 ikut dibagikan ke 5 dusun.

"Penyemprotan dilakukan satu minggu sekali setiap hari jumat menggunakan cairan disinfektan ke seluruh fasilitas umum dan pemukiman warga. Pada saat penyemprotan, kita juga lakukan sosialisasi menggunakan pengeras suara agar seluruh warga taat anjuran pemerintah serta tidak berkeliaran dan tidak berkerumun agar semua warga terhindar dari virus corona," tuturnya. (sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts