PEDULI PEMBANGUNAN DESA, STAF KHUSUS BUPATI DAN DPMD TURUN LANGSUNG KE LAPANGAN

PALI, SININEWS.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (A. Gani Akhmad SH. MM) didampingi staf DPMD Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir antara lain Sekretaris, Kepala Bidang dan Kepala Seksi telah melakukan paparan terhadap kemajuan dan perkembangan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa mulai dari tahun 2016 hingga tahun 2020 yang saat ini sedang berjalan. 

Paparan tersebut di buka langsung oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang ilir (Syahron Nazil, SH) dan dihadiri oleh Ketua Staf Khusus Percepatan Pembangunan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Staf Khusus Bupati) Bapak H. Nang Ali Solihin didampingi 12 orang staf khusus antara lain Eftiyani, SH, Mukhtar Jayadi, SH, Yuhairudin, SE, H. Zulkifli, AB, SE.,MM, KH. Yuristian, Ah, SH, Muhammad Nopriansyah, ST, Ir. Meisyal Aidil, CES, Aryanto Dina, SE., Ak, Drs. Irwansyah Djamal, H. Hasim, SE., M.Si, Kamirul, SE, Mulyadi, SH., MH , staf ahli Bupati (Sunardin), Ketua FK2D dan beberapa Kepala Desa Perwakilan dari masing-masing Kecamatan.

Kepala DPMD Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dalam paparannya menyampaikan perkembangan kegiatan pembangunan yang bersumber dari Alokasi Dana Desa dan Dana Desa di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Untuk penggunaan Alokasi Dana Desa tahun 2016-2020, 34% didominasi kegiatan pembangunan fisik desa, 30% berupa kegiatan pendukung penyelenggaraan pemerintah desa, 25% berupa kegiatan pembinaan masyarakat desa, dan 11% berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa. Sedangkan penggunaan Dana Desa tahun 2015-2020, 75% didominasi pembangunan fisik desa, 24% berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, dan 1% berupa kegiatan pendukung penyelenggaraan pemerintah desa.

Menanggapi paparan yang disampaikan Kepala DPMD, Ketua Staf Khusus Percepatan Pembangunan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Staf Khusus Bupati) H. Nang Ali Solihin mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dalam hal ini melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemerintah Desa yang telah berupaya secara maksimal melaksanakan kegiatan pembangunan di Desa baik yang berasal dari Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa. 

"Ini menunjukkan kepedulian Pemerintah Daerah terhadap masyarakat desa. Manfaat Dana Desa dan Alokasi Dana Desa sangat luar biasa untuk mensejahterakan masyarakat. Karena itu harus didukung dengan pengelolaan yang baik," kata Nang Ali Solihin.

Dalam kesempatan ini pula, sebagai bentuk kepedulian terhadap perkembangan pembangunan di Desa, Bupati Penukal Abab Lematang Ilir H. Heri Amalindo melalui Staf Khusus Percepatan Pembangunan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yang beranggotakan 13 orang bersama Kepala DPMD melakukan kunjungan langsung ke Desa Tempirai Kecamatan Penukal utara dan Desa Air Itam Kecamatan Penukal untuk meninjau hasil kegiatan pembangunan sekaligus melihat potensi desa yang bisa diinovasi dan dikembangkan. 

Dalam kunjungannya di Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara, staf khusus dan Kepala DPMD disambut langsung oleh Kepala Desa Tempirai (Jonot). Kepala Desa Tempirai menyampaikan bahwa di Desa tempirai terdapat Danau Padang dengan luas ± 100 Ha yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi daerah kawasan wisata sekaligus peternakan ikan yang diharapkan mampu meningkatkan dan mendongkrak perekonomian masyarakat Desa Tempirai. Kemudian rombongan melanjutkan kunjungan ke Muara Pangkalan Air Itam Desa Air Itam Kecamatan Penukal yang disambut oleh Kepala Desa Air Itam (Agus Salim). 

Kepala Desa Air Itam menyampaikan bahwa masyarakat sangat berharap kepada pemerintah kiranyan dapat dibangun dermaga dan pos penjagaan sungai di Muara Pangkalan Air Itam agar kelestarian ekosistem sungai dapat terjaga dan terhindar dari penangkapan ikan secara ilegal oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, mengingat disungai ini merupakan aset terbesar adalah dari penangkapan ikan.
      
Masukan dan saran yang disampaikan oleh Kepala Desa Tempirai dan Kepala Desa Air Itam disambut baik oleh staf khusus percepatan pembangunan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dan beliau akan segera menyampaikan kepada Bupati berupa rekomendasi untuk kemudian ditindaklanjuti oleh Perangkat Daerah terkait. 

Nang Ali Solihin selaku Ketua Staf Khusus berharap mudah-mudahan apa yang menjadi keinginan masyarakat Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir  akan di realisasikan karena saya sebagai mantan Bupati Muara Enim memahami betul dan tidak meragukan lagi terhadap kinerja Pak Heri Amalindo. 

"Kita tentunya sama-sama berdoa apa yang menjadi harapan kita bersama untuk kemajuan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dapat terwujud," pungkasnya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts