MPPDT Terima 'Mandat' Sampaikan Keinginan KAT Talang Sebetung ke Kemensos


PALI. SININEWS.COM -- Pengurus Masyarakat Peduli Pembangunan Desa Tempirai (MPPDT) diwakili oleh Subiyanto Saripudin dan Sekum Eko Marthen bersama Ketua AEC-KIT lakukan silaturahim dengan keluarga besar masyarakat Komunitas Adat Terpencil (KAT) Talang Sebetung Desa Tempirai Selatan Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan belum lama ini. 


Dikemukakan Subiyanto bahwa secara histori masyarakat yang berdiam di Talang Sebetung sudah ratusan tahun itu merupakan keturunan Puyang Sungai Rande (Syiak Wali Wahyar) dari anaknya Gentiran dan Gentiman.

"Kunjungan ini dalam rangka menguatkan silaturahim sesama keturunan Puyang Sungai Rande, karena saya keturunan dari anaknya Gentilir Bin Syiak Wali Wahyar yang sudah berpindah kampung Sebetung di Desa Tempirai sebagai hadiah dari Puyang Seberang atas jasanya mengusir  binatang "Kuku Miak" yang banyak memakan anak cucu Puyang Seberang di Dusun Tue," ujar Subiyanto. 

Pada perjalanan menuju Talang Sebetung yang ditempuh sekitar 1 jam melalui jalan tanah lumpur dan jalan setapak, akhirnya Subiyanto dan rombongan dapat bertemu dengan masyarakat setempat. 


"Kami bisa bertemu masyarakat setempat, yaitu Ali Pegang Aliurib, Sumarjo, Edi Irul dan warga lainnya. Pada kesempatan itu MPPDT bisa berdialog dengan masyarakat di Talang Sebetung," tukas anggota DJSN itu. 

Dari dialog itu, mereka (masyarakat Talang Sebetung) sampaikan usulan ke PemDes Tempirai Selatan (Kades-Sapikal Usman dan BPD-Ustad Abdul Karim) melalui MPPDT yaitu : 
1).Agar segera dibentuk Kadus di Talang Sebetung
2).Memohon Bangunkan Musholla dan kirim guru ngaji 
3).Supaya ada jadwal rutin kunjungan petugas Kesehatan (PosKes Des) ke Talang Sebetung                         4).Meminta MPPDT menyampaikan surat permohonan kepada Kemensos RI untuk melanjutkan programnya agar semua warga dapat program yang merata.

"Disamping itu MPPDT menyampaikan motivasi agar masyarakat disana untuk peduli dan menjaga kelestarian lingkungan agar alam disekitar Talang Sebetung yang asri memberikan manfaat kepada masyarakat dan terus kompak berjuang bersama agar kata Terpencil itu diubah jadi TERMAJU," harapnya. (sn/yogi)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts